Mobil Ramah Lingkungan, Berbahan Dasar dari Limbah dan Tanaman

Nano Cellulose Vehicle (NVC), mobil yang terbuat dari limbah dan tanaman
Nano Cellulose Vehicle (NVC), mobil yang terbuat dari limbah dan tanaman

Jatim1.com – Mobil ramah lingkungan, akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian dalam dunia otomotif. Hal tersebut terlihat dari beragam upaya peralihan dari bahan bakar minyak ke bahan bakar ramah lingkungan, seperti listrik dan tenaga surya.

Namun, inovasi mobil ramah lingkungan tak hanya terbatas pada bahan bakar. Salah satunya adalah Nano Cellulose Vehicle (NVC), kendaraan yang terbuat dari bahan cellulose nanofiber dari tanaman dan limbah pertanian daur ulang. Bahan tersebut digunakan untuk beberapa bagian bodi mobil, mulai dari pintu, atap, dan kap.

Baca Juga :  Hujan Deras, Sejumlah Jalanan Protokol Surabaya Terendam Banjir

Dilansir dari Carscoops, mobil berbahan tanaman dan limbah tersebut hadir di Tokyo Motor Show 2019. Mobil tersebut merupakan hasil kolaborasi dari 22 universitas, lembaga peneliti, dan perusahaan. Dimana, proyek ini mulai diluncurkan pada tahun 2016 oleh Kementerian Lingkungan Jepang. Penggunaan material cellulose nanofiber ini, disinyalir bisa mengurangi bobot bodi mobil hingga 50 persen lebih ringan dibandingkan bahan konvensional.

Mobil yang didesain oleh Yuzo Niimi dari Toyota Customizing and Development ini, memiliki bentuk yang sporty dan menggunakan butterfly doors serta pelek multi-spoke. Sementara di bagian interior, beberapa komponen dibuat dengan menggunakan bahan kayu, salah satunya pada dashboard.

Baca Juga :  Resmi! UNESCO Tetapkan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia

Karena lebih menekankan pada bahan penyusun mobil, untuk masalah performa kendaraan ini masih sangat terbatas. Diperkirakan saat ini, NVC menggunakan hydrogen fuel cell dengan kecepatan puncak sampai 20 kpj. (J1/AA12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *