Wisata Gili Ketapang Probolinggo: Pesona Alam, Lokasi, dan Tarifnya

Wisata Gili Ketapang Probolinggo: Pesona Alam, Lokasi, dan Tarifnya, Foto TikTok by@giliketapangsnorkling

Jatim1.com- Gili Ketapang di Kabupaten Probolinggo menonjol sebagai destinasi wisata pantai utama. Terletak sekitar 8 km dari pesisir Probolinggo, pulau ini berada di selat Madura.

Daya tarik utama bagi para wisatawan adalah kegiatan menyelam dan snorkeling. Pesona alam yang memukau adalah magnet utama pulau ini.

Pantai dengan pasir putih yang lembut dan bersih menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati sinar matahari hangat dan gemericik ombak, menciptakan suasana yang sempurna untuk bersantai atau berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Gili Ketapang juga menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan bagi para penyelam dan snorkeler. Berikut adalah gambaran umum tentang alam, lokasi, dan tarif masuk Gili Ketapang:

Keindahan Alam

Pengunjung dapat menikmati terumbu karang yang indah dan anemon laut yang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan di sekitar pulau ini. Selain itu, aktivitas seperti banana boat juga tersedia bagi pengunjung yang ingin bermain di laut.

Baca Juga :  George Brown Pemain Persebaya, dipanggil Timnas Indonesia!

Di Gili Ketapang, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam yang memukau, menciptakan suasana romantis. Selain daya tarik alaminya, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mengenal budaya lokal.

Ada desa nelayan di pulau ini, yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan penduduk setempat dan memahami kehidupan sehari-hari mereka.

Penginapan mulai dari homestay hingga villa mewah tersedia di Gili Ketapang, serta restoran yang menawarkan hidangan ikan bakar segar dengan sambal khas daerah.

Lokasi Gili Ketapang

Gili Ketapang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, di pantai utara Probolinggo.

Dari Surabaya, Sidoarjo, atau Malang, perjalanan menuju Gili Ketapang membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Pengunjung dapat mencapai titik pertemuan di Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat Probolinggo.

Tarif Harga dan Jam Buka Gili Ketapang

Baca Juga :  Ketua Tim Seleksi Ungkap: Tiga Incumbent KPU Surabaya Masuk dalam 10 Besar Calon Anggota KPU Terpilih

Disarankan bagi pengunjung untuk mengambil paket wisata agar lebih mudah. Menurut informasi dari situs resmi giliketapangofficial, harga tiket masuk untuk paket snorkeling adalah Rp 100.000 per orang, sementara untuk paket tanpa snorkeling adalah Rp 70.000 per orang.

Paket tersebut mencakup kapal transportasi PP, peralatan snorkeling, pelampung standar nasional Indonesia (SNI), penjemputan di pelabuhan, pemandu wisata, dokumentasi foto dan video di bawah air, area istirahat, fasilitas P3K, dan retribusi.

Biaya tambahan diluar paket meliputi:

  • Biaya masuk pelabuhan: Rp 2.500 per orang.
  • Biaya parkir di pelabuhan: Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.
  • Biaya mandi dengan air tawar: Rp 4.000 per orang.

Gili Ketapang buka sepanjang hari, tetapi penyeberangan menuju pulau hanya tersedia dari pukul 06.00 hingga 10.00 waktu setempat. Sedangkan untuk kepulangan, jadwal kapal tersedia dari pukul 13.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Baca Juga :  Toleransi Beragama Ditekankan dalam Diskusi yang Dipimpin oleh Wakil Gubernur Jatim di STT Anugrah

Tips Berkunjung ke Gili Ketapang

Sebelum berkunjung, pastikan Anda dalam kondisi sehat optimal dan membawa obat-obatan pribadi. Gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Hindari membuang sampah sembarangan dan hindari perilaku yang dapat membahayakan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Pengunjung juga diharapkan untuk menjaga perilaku sopan dan santun selama berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *