Bangga! Dua Merek Helm Lokal Boleh Digunakan di Ajang MotoGP

Kedua merek helm asal Indonesia, yang akhirnya lolos uji FIM dan bisa digunakan di ajang MotoGP
Kedua merek helm asal Indonesia, yang akhirnya lolos uji FIM dan bisa digunakan di ajang MotoGP

Jatim1.com – Dua merek helm buatan Indonesia, berhasil lolos homologasi MotoGP. Dengan demikian, kedua merek helm lokal ini boleh digunakan di ajang motor paling bergengsi itu. Dua merek lokal ini adalah KYT dan NHK.

Sebelumnya, Federatione Internationale de Motocyclisme (FIM) pada bulan Juni lalu melarang penggunaan dua merek helm lokal ini di ajang MotoGP 2019. Alhasil, 4 pembalap harus rela tak menggunakan helm sponsor mereka. Yakni Andrea Dovizioso, Franscesco Bagnaia, Aleix Espargaro, dan Karel Abraham.

Baca Juga :  Indonesia Hanya Menyisahkan Satu Perwakilan Di Macau Open 2019

Dimana, Andrea Dovizioso dan Franscesco Bagnaia selama ini menggunakan helm Suomy, anak perusahaan KYT. Selain itu, ada Aleix Espargaro yang juga disponsori KYT. Sedangkan, Karel Abraham selama ini menggunakan helm merek NHK.

Namun, sekarang kedua merek helm tersebut telah terdaftar di situs resmi FIM Racing Homologation Programme (FRHP). Yang berarti KYT dan NHK telah lolos standar homologasi dan layak digunakan di ajang MotoGP tahun 2020.

Baca Juga :  Vietnam Hampir Rebut Posisi Indonesia di Sea Games 2019

Dilansir dari situs resmi FRHP, KYT hanya meloloskan 1 model helmnya yakni KYT NZ-Race. Sedangkan, NHK juga mendapat sertifikasi untuk 1 tipe helmnya yakni MHK GP-R Tech. Suomy SR GP pun kini bisa digunakan di MotoGP.

Kedua merek helm lokal ini telah diuji dengan standar FIM. Mulai secara linier, miring, hingga diberi tekanan secara terus-menerus. Standarisasi FIM ini berguna untuk memastikan keselamatan dan keamanan bagi para pembalap MotoGP. (J1AA12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *