IFSC Asian Championship 2019, Kontingen Indonesia Boyong Medali Emas

Suasana penyerahan medali untuk nomor speed world record putra IFSC Asian Championship 2019
Suasana penyerahan medali untuk nomor speed world record putra IFSC Asian Championship 2019

Jatim1.com – Kontingen Indonesia berhasil meraih kesuksesan di ajang Kejuaraan Panjat Tebing IFSC ACC Asian Championship 2019. Kontingen “Merah Putih” berhasil memboyong semua medali emas di ajang itu.

Kejuaraan IFSC ACC Asian Championship 2019 ini berlangsung sejak Rabu (06/11) lalu di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kejuaraan internasional panjat tebing ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dibawah International Federation of Sport Climbing (IFSC) dan FPTI. Ajang tahun ini diikuti oleh 299 peserta dari 14 negara.

Pelaksana kejuaraan, Azwan Karim berharap ajang seperti ini menjadi ajang pemanasan atlet sebelum berlaga di Olimpiade Tokyo tahun 2020 mendatang.

Baca Juga :  Ponsel Layar Lipat Samsung Tanami Spek Gahar

“Cabor panjat tebing memiliki potensi untuk berprestasi di ajang internasional. Karena, kami berharap tim Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di ajang Olimpiade Tokyo tahun 2020 mendatang,” ujar Azwan Karim.

Sementara itu Ketua Umum FPTI, Faisol Riza mengatakan bahwa kejuaraan ini digelar untuk mencari bibit-bibit baru atlet panjat tebing. Selama ini, cabor panjat tebing sangat bisa diandalkan di event dunia.

“Olahraga panjat tebing merupakan salah satu cabor, di mana Indonesia sangat berprestasi di level dunia, dan beberapa atlet Indonesia merupakan juara dunia di kategori Speed yaitu Puji Lestari, Alfian M. Fajri dan Aries Susanti,” terang Faisol.

Baca Juga :  Terpilih Secara Aklamasi, Yenny Wahid Pimpin PP FPTI Periode 2019-2023

Berdasarkan hasil akhir, kontingen Indonesia berhasil meraih medali di nomor speed world record. 5 dari 6 medali dibabat habis oleh kontingen Indonesia saat berlaga di Asian Championship 2019, Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (8/11).

Untuk nomor speed world record putri, Indonesia berhasil menyumbangkan 2 medali yakni emas dan perunggu. Medali emas diraih oleh Nurul Iqamah dengan catatan waktu 7,700 detik. Sementara itu di nomor speed world record putra, Indonesia berhasil memboyong semua medali dari emas hingga perunggu. Emas diraih oleh Veddriq Leonardo dengan catatan waktu 5,406 detik. (J1AA12)

Baca Juga :  Surabaya Bersatu: Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza, Palestina, dari Selimut hingga Popok Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *