Gubernur Jatim Atasi Kekeringan Sumenep

selasa (5/11/2019) Khofifah Indar Parawansa didampingi Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI HErru Kusmanto menyalurkan air bersih di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi,Kabupaten sumenep

Jatim1.com – Sumenep – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyalurkan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Pulau Sapudi, Sumenep, Madura. Bantuan air bersih sebanyak 750 ribu liter diharapkan bisa untuk mengatasi kekeringan yang melanda Pulau Sapudi, (5/11).

Penyaluran air bersih ini adalah bentuk sinergi dengan Pemprov Jatim beserta Forkopimda Jawa Timur. Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto mengatakan pihaknya mengerahkan armada untuk bisa mendistribusikan air hingga sampai ke masyarakat yang mengalami kekeringan.

Baca Juga :  Lewat Rakernas 2019, Peradi Sepakati “Single Bar”

Kapal pertama yaitu KRI Teluk Ende, yang diberangkatkan menuju Pulau Sapudi dengan membawa 500 ribu liter air bersih, 6.000 jerigen, tiga unit mobil BPBD yang masing-masing membawa 5 ton air. Kemudian kapal tug boat yang diberangkatkan dengan membawa 250 ribu liter air bersih.

Sementara itu, ada tiga pulau yang menjadi sasaran pemberian bantuan air bersih. Yakni Pulau Sapudi meliputi kecamatan Gayam dan Nonggunong, Pulau Giligenting meliputi kecamatan Giligenting dan Pulau Kangean meliputi kecamatan Arjasa dan Kangean.

Baca Juga :  DPRP Tuding Mendagri Hambat Pembangunan, Jatim Institute: Pembohongan Publik

Kabupaten Sumenep memiliki 5 kecamatan dan 12 desa yang mengalami kekeringan, di Jawa Timur sendiri akibat kemarau panjang kali ini, dari 38 kabupaten/ kota di Jawa Timur, 28 di antaranya terdampak kekeringan. Jika ditotal, ada sebanyak 662 desa di Jatim yang terdampak kekeringan. (MYF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *