Berita  

Literasi Media Bagi Anak Sekolah Dasar Masih Familiar?

Jatim1.com-Dalam rangka pengabdian, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya menggelar Sosialisasi Literasi Media di MI al-Mansur, Pertapan Maduretno, Sidoarjo, pada Jumat (17/11/2023). Program pengabdian ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama, Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Sosialiasi Literasi Media kepada siswa/i kelas 5 dan 6 di MI al-Mansur, Pertapan Maduretno, Sidoarjo.
Ketua pelaksana, Ayu menjelaskan selain kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memenuhi tugas UAS juga untuk melatih kepedulian dengan sesama tentang berfikir kritis terhadap informasi atau berita, namun tidak mudah menjelaskan hal tersebut pada anak sekolah dasar.

Baca Juga :  KAI Daop 8 Surabaya Gencar Menjaga Keselamatan Perjalanan KA dan Persiapkan Diri Hadapi Musim Hujan dan Liburan Natal-Tahun Baru

“sebagai panitia, dari kami harus pintar mengkondisikan dan melatih konsentrasi anak untuk menerima pembelajaran di luar kelas seperti ini. Literasi media bagi mereka juga masih tidak umum” ujar Ayu, mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam selaku Ketua pelaksana pada Ahad(26/11/2023).

Ia berpesan untuk para peserta kegiatan sosialisasi literasi media agar dapat mengaplikasikan apa yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini sangat menarik, bahkan para siswa/i antusias mengikuti pembelajaran baru dari kakak- kakak mahasiswi” Tutur kepala sekolah Bu Niken.

Baca Juga :  Subandi Kehilangan Buah Zakar, Pengacara Desak RSUD Bangil Buka Rekam Medis

Sementara itu, kepala sekolah juga menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi literasi media ini, akan lebih memberikan suasana baru bagi siswa/i dan pembelajaran baru tentang literasi media digital. Dari banyaknya sosial media, salah satu media yang sering digunakan sebagai alat komunikasi antara guru dan murid melalui perantara orangtua adalah WhatsApp.
“Biasanya, kami menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengirim sesuatu karena lebih mudah dalam penggunaannya” ujarnya.

Kesimpulan nya dengan adanya Sosialisasi Literasi Media kepada anak sekolah dasar diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai pentingnya penggunaan media yang bijak, Yakni menganalisis berita atau informasi yang diterima.

Baca Juga :  Promo Spesial Liburan Akhir Tahun 12.12: Daftar Kereta Api dan Syaratnya dari PT KAI
Writer: Safrien Najihah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *