Semarak Karya 2023: Apresiasi Inovasi Guru Jawa Barat dalam Kurikulum Merdeka

Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat Mohamad Hartono.

Jatim1.com-Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2023, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat mengadakan acara Semarak Karya. Acara ini bertujuan sebagai wadah apresiasi bagi guru dan tenaga kependidikan yang telah berhasil menciptakan inovasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Semarak Karya, yang juga merupakan perayaan Hari Guru Nasional, diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada para pendidik yang telah menerapkan pembaruan dalam proses belajar-mengajar di wilayah Provinsi Jawa Barat. Mereka diakui sebagai sumber inspirasi bagi rekan-rekan seprofesi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing.

Tema tahun ini, “Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global,” mencerminkan komitmen BBGP Jawa Barat untuk mendukung transformasi pendidikan menuju merdeka belajar, dengan tujuan menciptakan siswa berkarakter dan berwawasan global.

Baca Juga :  Kenaikan Harga Gula dan Minyak Goreng Pasca Lebaran di Pasuruan

Mohamad Hartono, Kepala BBGP Jawa Barat, menegaskan pentingnya peran guru dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dia juga mengungkapkan harapannya agar para pendidik dapat menjadi agen transformasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

“Semark Karya Hari Guru Nasional 2023 merupakan bentuk apresiasi dan ajang bagi guru dan tenaga kependidikan untuk saling berbagi praktik baik, aksi nyata, dan berbagai kreativitas pembelajaran dalam berbagai rangkaian lomba pada Hari Guru Nasional 2023,” ujar Hartono.

Nunuk Suryani, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), juga memberikan apresiasi terhadap guru dan tenaga kependidikan di Provinsi Jawa Barat. Program apresiasi GTK menjadi langkah konkret pemerintah dalam mendukung para pendidik yang berhasil mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan peran dan tugas masing-masing.

Baca Juga :  Suasana Syahdu! Video Pelajar SMK di Jember Cover Lagu Sampai Menutup Mata Viral di Media Sosial

“Apresiasi guru dan tenaga kependidikan dirancang dengan harapan agar para guru dan tenaga kependidikan di penjuru tanah air semakin terdorong untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai terobosan Merdeka Belajar,” kata Nunuk.

Sebagai inovasi, BBGP Jawa Barat mengembangkan Kendaraan Rekreatif Edukatif Sarana Kolaborasi BBGP Provinsi Jawa Barat (Kareta Sobat), yang diluncurkan pada tahun 2022. Kendaraan ini bertujuan mendekatkan layanan BBGP kepada komunitas pendidikan di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Baca Juga :  Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Tertutup Eceng Gondok

Dalam peringatan Hari Guru Nasional 2023, Kareta Sobat turut hadir dalam acara Semarak Karya untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman langsung kepada peserta tentang layanan BBGP Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *