Peristiwa Hujan Meteor Persaid pada 13 Agustus 2023

Peristiwa Hujan Meteor Persaid, Foto Tiktok By@manusianlangit

Jatim1.com- Fenomena meteor yang jatuh dan melewati permukaan bumi dalam jumlah yang banyak disebut dengan meteor shower atau hujan meteor. Berikut jadwal Meteor Persaid pada tanggal 12-13 Agustus 2023

Terjadinya meteorid memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi ini bisa masuk dalam hujan meteor singkat. Sementara itu, meteor yaitu sebutan yang digunakan untuk menyebut sesuatu (benda-benda luar angkasa) yang jatuh dari luar angkasa.

Peristiwa Hujan Meteor

Pada tanggal 12-13 Agustus 2023 akan terjadi Hujan Meteor Persaid. Hal ini masuk dalam fenomena astronomis hujan meteor pertama yang akan terjadi di bulan Agustus tahun ini.

Perisiwa hujan meteor ini jatuhnya meteor dan melewati bumi dalam jangka banyak yang terlihat seperti hujan turun. Fenomena yang menarik untuk di saksikan di hujan meteor nanti.

Baca Juga :  Pil Koplo Dalam Sayur Lodeh Gagal Diselundupkan ke Lapas Mojokerto

Dijelaskan dalam laman resmi Langit Selatan, yaitu pada tanggal 14/07/2023-01/09/2023 hujan Meteor Persaid dimulai. Hujan meteor Persaid ini berasal dari debu komet Swift-Tuttle yang akan mencapai puncaknya pada tanggal 13/08/2023.

Dalam puncak Meteor Persaid, diperkirakan dalam setiap jam akan terlihat 100 meteor akan melintas yang datang dari rasi Perseus. Untuk pengamatannya lokasi bebas dari polusi cahaya, pengamatan bisa disaksikan selama 50-57 meteor setiap jamnya.

Jadwal Puncak Hujan Meteor Perseid

Baca Juga :  Indonesia Hanya Menyisahkan Satu Perwakilan Di Macau Open 2019

Pada waktu tengah malam akan terbit Rasi Perseus baru, yaitu sekitas jam 00:16 WIB dari arah timur laut. Selain itu, bulan sabit yang terbit dini hari sekitas jam 03:30 WIB, dan tidak mengganggu faktor pengganggu perburuan Hujan Meteor Persaid.

Dalam hal ini Hujam Meteor Persaid termasuk juga Hujan Meteor Mayor. Pada tanggal 13 08 2023 masuk puncak Hujan Meteor dan memiliki intensitas di Indonesia sebanyak 36-61 meteor perjam.

Terjadinya Hujan Meteor apa Berbahaya?

Waktu hujan meteor, meteor jatuh ke bumi dan berinteraksi dengan atmosfer bumi. Akan tetapi, biasanya meteor yang jatuh ini sampai ke permukaan bumi.

Baca Juga :  Digugat Uni Eropa, Jokowi Siapkan Pengacara Terbaik

Karena meteor yang jatuh sudah terbakar waktu melewati atmosfer bumi. Sehingga terjadinya hujan meteor ini tidak berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *