Geliat SSB New Star Salam Sidoarjo Dalam Pembinaan Pemain Usia Muda

  • Share
Suasana Latihan SSB New Star Salam Sidoarjo di Berbagai Kelompok Umur

Jatim1.com – Pesepakbola asal Sidoarjo banyak membela klub-klub di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 dibawah naungan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Tidak sedikit para pemain asal Sidoarjo mampu menembus tim nasional Indonesia dari kelompok berbagai kelompok umur hingga  tingkat senior.

Berikut nama-nama yang menghiasi klub liga dibawah naungan PSSI ini, : Uston Nawawi, Hariono, Rendy Irwan, Lucky Wahyu, Munhar, Khomad Suharto, Arif Ariyanto dan masih banyak lagi.

Selain  memiliki banyak nama  tenar asal Sidoarjo yang memperkuat klub-klub di Indonesia, Kabupaten Sidoarjo juga memiliki puluhan Sekolah Sepakbola (SSB) yang rutin melakukan pembinaan secara rutin dan mampu menjadi “gudang” yang siap “mensuplai” para pemain ke klub-klub di Liga Indonesia.

Salah satu SSB di Sidoarjo yang aktif melakukan pembinaan terhadap pemain muda  adalah SSB New Star Salam (NSS) Sidoarjo. Keaktifan pembinaan ini sejak resmi terbentuk pada tanggal 25 Januari 2015  secara bersama-sama  oleh Choirul Anam , Nurkholiq (mantan pemain Deltras) , Mahfud , Achmad Rafsanjani dan Hariyadi selaku pelatih kepala.

SSB New Star Salam melakukan pembinaan secara rutin kepada para siswanya yang terbagi atas beberapa kelompok umur yaitu pemula hingga kelahiran 2012, kelahiran 2011 (KU-9), kelahiran 2010 (KU-10), kelahiran 2009 (KU-11), kelahiran 2008 (KU-12), kelahiran 2007 (KU-13), kelahiran 2006 beserta 2005 (KU-15), kelahiran 2004 (ku-16), dan kelahiran 2003 (KU-17) hingga tingkat senior.

Pembangunan olahraga nasional yang semakin jaya memang perlu dimulai dari daerah-daerah. Semangat dan banyaknya dukungan dari berbagai pihak sangatlah dibutuhkan dalam hal pembinaan.

Adapun metode pelatihan di SSB New Star Salam ini mengikuti kurikulum pembinaan sepakbola Indonesia yang telah di klaster berdasarkan kelompok umur seperti kelompok umur 6 hingga 9 tahun dengan fase kegembiraan sepakbola. Kemudian kelompok umur 10 hingga 13 tahun dengan fase pengembangan skill sepakbola. Diikuti kelompok umur 14 hingga 17 tahun dengan fase pengembangan permainan sepakbola, dan kelompok umur 18 tahun keatas dengan fase penampilan.

Meskipun baru terbilang masih “muda”, akan tetapi SSB New Star Salam Sidoarjo telah mampu meraih berbagai prestasi yang membanggakan, seperti runner up di turnamen Kobra 2016  pada kelompok umur (KU-12), peringkat ketiga turnamen Agro Kusuma Cup 2016 pada KU-11,  Juara pertama Grasroots Day 2017 pada kelompok umur KU-11, Peringkat Keenam pada turnamen Nasional Aqua Danone Nation Cup 2018 di Jakarta pada KU-12, serta yang terbaru menjadi juara kedua turnamen BHS Cup 2020  KU-17. Sedangkan prestasi  pada tingkat senior antara lain runner up kompetisi internal kelas I Askab PSSI Sidoarjo 2016 sekaligus promosi ke kelas utama, pada tahun 2017 langsung meraih gelar  juara pada kompetisi internal kelas utama Askab Sidoarjo 2017. Serta hingga sekarang eksis di kelas utama kompetisi internal kelas utama Askab PSSI Sidoarjo.

Selain berbagai prestasi yang mampu diraih, SSB New Star Salam juga berhasil menyumbang pemain  untuk klub-klub di Indonesia , seperti Khafid Bagas Prasetyo, Guntur Nur Hasan dan Raka Adhitya Wisnu Wardhana (Putra Jombang-Liga 3 2019), Davano Arta Al Zamora (Persebaya U-17 –Piala Suratin u-17), serta pemain lain seperti  Mushollin, Fandy Achmad, dan Adi Julianto. Bahkan dalam turnamen Gala Siswa Indonesia (GSI) 2018, tiga pemain SSB New Star Salam yaitu M Khakim Al Mukhasibi, M Ivan Alian Saputra,  dan Syafriza Dava Alfiansah.

“Bahkan saat in salah satu anak didik SSB New Star Salam yaitu Ringgo Adha Dilaga yang pernah bergabung dengan PS TNI u-19,Persigo Semeru, dan tim porprov Sidoarjo 2019  sedang bergabung dengan tim Pon Jawa Timur untuk PON 2020,” jelas Hariyadi selaku Pelatih Kepala SSB NEW STAR SALAM.

Gambar Pelatih Kepala Hariyadi Berpose Bersama Para Anak didik di SSB New Star Salam

Terkait dengan program pelatihan khusus yang berbeda dengan SSB yang lain yang ditonjolkan SSB New Star Salam kepada para siswa, menurut Hariyadi relatif sama dengan SSB yang lain.

“Akan tetapi untuk siswa pemula  hingga usia 12 tahun kita lebih banyak menekankan latihan pada peningkatan skill individu, serta  banyaknya jumlah bola yang dimiliki dengan rasio 1  bola untuk 2 pemain,” tambah Hariyadi.

Pada tanggal (21/09/2020), ketika  pelatih Bima Sakti memanggil 30 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas U-16 di Cikarang Bekasi, Jawa Barat, terdapat satu anak didik New Star Salam yaitu Sandy Kusuma Triandy terpilih untuk mengikuti TC Timnas U-16 .

Tentu saja ini meneruskan tradisi SSB New Star Salam menyumbangkan pemain untuk timnas sebelumnya, tepatnya pada saat Piala AFF AU-15 2019 Yang berlangsung pada periode 27 Juli – 9 Agustus 2019, dimana Muhamma Khakim Al Mukhasibi yang juga anak didik New Star Salam serta bergabung Bhayangkara FC di Pro Elite Academy u-16 terpilih mewakili timnas Indonesai dengan meraih 1 caps ketika  bermain penuh pada saat mengalahkan Filipina dengan skor 4-0. Sandy yang merupakan siswa SMK PGRI 1 Sidoarjo masuk pantauan Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) Jawa Timur pada turnamen BHS Cup U-17 2020.  (Handy)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.