Gojek Pahlawan Pandemi Berjuang dan Berbagi di Tengah Badai Covid 19

  • Share
Gojek Pahlawan Pandemi Berjuang dan Berbagi di Tengah Badai Covid 19

Sudah hampir tujuh bulan Pandemi dan Covid 19 mewabah di Indonesia yang menimbulkan dampak bukan hanya persoalan kesehatan, sosial, ekonomi dan kesejahteraan serta kesulitan juga berdampak bagi masyarakat.

Hampir seluruh wilayah di berbagai kabupaten dan Kota di Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dimana restoran, hotel, transfortasi dibatasi, bahkan di awal awal masyarakat lebih banyak diminta untuk tinggal di rumah.

Peristiwa PSBB dalam rangka kebijakan Pemerintah menangani Covid 19, tentu berdampak pada dunia usaha termasuk diantaranya dunia transportasi, Gojek salah satunya, dimana dimasa masa PSBB dilarang membawa penumpang khususnya yang berbasis roda dua.

Tentu pembatasan tersebut berdampak pada kesejahteraan seluruh Mitra Gojek, dimana pendapatan menurun dan tingkat kesulitan semakin berat, income harian sangat berkurang, sehingga kebutuhan untuk keluarga tidak bisa terpenuhi,

Sebagai informasi bahwa sulitnya kehidupan yang dialami akibat Covid 19 ini tidak menyurutkan para Mitra Gojek untuk terus berjuang untuk keluarganya dan membantu masyarakat Indonesia. Disatu sisi banyak orang mengeluh, takut keluar rumah karena wabah ini, hanya berharap bantuan Pemerintah untuk kebutuhan pokoknya, hal ini tidak berlaku bagi para mitra Gojek di beberapa Provinsi yang terus berjuang dalam situasi pandemic terus mencari nafkah untik keluarga dan membantu masyarakat yang enggan keluar rumah, maka para mitra gojek terus membangtu dari pintu kepintu menghantar makanan bagi masyarakat Indonesia tanpa berfikir akan resikonya yang harus dialami akan terdampak Covid 19.

Kisah Memilukan banyak dialami para pejuang mitra Gojek di Indonesia, satu kisah Mitra Gojek di Surabaya bernama Desqianto seorang mitra gojek perempuan di Kota Surabaya yang terus menjalankan pekerjaanya di Gojek dan terus berjuang membantu masyarakat selama pandemic sampai saat ini menghantarkan makanan, baik dalam situasi panas dan hujan tanpa lelah dari pagi hingga sore, selain bisa mempertahankan kebutuhan hidup, Desqianto juga sangat lega bisa membantu masyarakat karena banyak yang takut keluar rumah tertular Virus Corona, bahkan sebagai rasa syukur desqi tetap berbagi dan terus bersedekah kepada kaum dhuafa yang rutin dijalankan. Banyak kisah kisa lain baik ratusan atau ribuan para mitra gojek di sleuruh nusantara dalam membantu masyarakat di masa pandemi ini.

Hal berbeda Perusahaan Gojeknya khususnya daerah wilayah Jawa Timur yang ternaung dalam Koordinasi Jawa, Bali, NTB Saudara Boy Arno Muhamad selaku Manajer Regional Gojek Jawa Timur, Bali, NTB Gojek terus semangat memperhatikan para mitranya, salah satunya di bidang Pendidikan, dimana Khusus Mitra Gojek di Jawa Timur baik mitra dan keluarganya diberikan beasiswa hingga 60% untuk Kuliah baik Sarjana dan Pascasarjana bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Institut Bisnis Manajemen dan Teknologi Indonesia (IBMT) Surabaya, dimana para mitra gojek bisa berpendidikan tinggi dengan biaya yang sangat terjangkau danprogram ini sudah masuk di tahun kedua.

Dalam perjuangan di Pandemi baik mitra Gojek maupun Perusahaan Gojek tetep Fokus membantu masyarakat dalam menghadapi Covid 19, dalam keadaan badai yang mengkhawatirkan saat ini, maka dalam situasi ini Gojek dan Para mitra Gojek menjadi Pahlawan Pandemi Untuk Indonesia. Dengan harapan Covid segera reda ditemukan vaksin dan Ekonomi kembali tumbuh dan masyarakat bisa beraktifitas kembali.

 

Oleh : Dr. Ilyas Indra

Penulis adalah Ketua Dewan Pembina STIE IBMT Surabaya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *