Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid Puji Peran Keraton Sumenep dalam Penyebaran Islam

  • Share
Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid saat mengunjungi Keraton Sumenep pada Kamis (20/8) lalu
Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid saat mengunjungi Keraton Sumenep pada Kamis (20/8) lalu

Jatim1 Sumenep – Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid menyempatkan berkunjung ke Keraton Sumenep pada Kamis (20/8) lalu. Dalam kunjungannya tersebut, dirinya memberikan pujian atas peran serta Kesultanan Keraton Sumenep dalam penyebaran agama Islam di Pulau Madura, Jawa Timur.

Kesultanan yang dibangun tahun 1781 tersebut, menurut Jazilul, menyebarkan agama Islam ketika kondisi masyarakat di Pulau Madura masih menjalankan tradisi dan budaya sebelum Islam.

“Menghadapi yang demikian, para Raja tetap menghargai kebiasaan dan budaya yang dilakukan oleh masyarakat. Islam hadir di Sumenep tanpa menghilangkan budaya-budaya yang ada,” ujar Jazilul.

Menurut Jazilul atau yang akrab disaba Gus Jazil ini, menambahkan bahwa para raja di Keraton Sumenep saat itu tidak kaku dalam masalah-masalah tertentu ketika mereka berdakwah.

“Islam bisa berpadu antara ajaran agama dan budaya. Hasilnya adalah peradaban dan kerukunan tetap terjaga,” jelasnya.

Politikus PKB tersebut juga berharap agar perpaduan antara Islam dan budaya, yang ada di Sumenep tersebut tetap berjalan dengan baik.

“Bangunan fisik makam para raja dan wali tetap bisa dirawat dan dijaga. Tradisi dan syiar harus tetap dilanjutkan,” sambungnya.

Dirinya juga berharap, apabila ada orang yang datang ke Sumenep, bisa belajar di tempat tersebut Islam juga menghargai kebudayaan. Ia juga berharap agar orang yang datang ke Sumenep tidak hanya sekedar lewat saja.

“Rasakan juga keserasian antara agama Islam dan budaya masyarakat,” sambungnya.

Dengan merawat apa yang ada, menurutnya, semnagat perjuangan para raja akan terus hidup dan menggelora di tengah masyarakat Madura dan Indonesia. (J1AA12)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *