WeChat Pay Dompet Digital China Resmi Beroperasi di Indonesia

  • Share
WeChat Pay, dompet digital terbesar China

Jatim1.com – Jakarta – WeChat Pay, suatu perusahaan dompet digital terbesar China  telah mendapatkan restu dari Bank Indonesia (BI) untuk beroperasi secara resmi di negara Indonesia.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengatakan bahwa WeChat Pay sudah mendapatkan izin operasional terhitung sejak 1 Januari 2020 silam. WeChat Pay masuk ke Indonesia melalui kerja sama dengan Bank CIMB Niaga. Tetapi layanan ini hanya tersedia bagi turis China yang dapat ke Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak bisa menggunakan WeChat Pay.  Untuk bisa beroperasi secara penuh di Indonesia, WeChat Pay telah bekerjasama dengan salah satu bank di Indonesia yaitu CIMB Niaga.

Dalam aturan Bank Indonesia (BI) dompet digital yang ingin beroperasi melayani turis harus bekerja sama dengan bank umum kegiatan usaha (BUKU) IV.

“Jadi sekarang WeChat Pay sudah resmi jalan, kalau dulu tidak ada payung hukumnya, sekarang karena sudah ada payung hukumnya mengenai QRIS [QR Code Indonesia Standard] mereka harus patuh,” Ujar Sugeng, Sabtu (11/1/2019).

Dengan masuknya WeChat Pay ke Indonesia, maka diharapkan pemerintah Indonesia mendapatkan keuntungan untuk mengetahui seberapa banyak turis-turis mancanegara dalam berbelanja di Indonesia. Setelah mewajibkan QR Indonesia Standard (QRIS) untuk transaksi nontunai berbasis aplikasi per 1 Januari 2020 kemarin, Bank Indonesia (BI) juga sedang mengembangkan QRIS untuk transaksi cross border inbound dan cross border outbound.

Transaksi cross border inbound QRIS dikembangkan dalam rangka menyasar wisatawan dan TKI terutama dari negara-negara ASEAN, China, India, Hong Kong, Korea Selatan, dan Jepang. Sedangkan transaksi cross border outbound dikembangkan dalam rangka menyasar WNI yang melaksanakan haji ke Arab Saudi serta melakukan pariwisata di negara-negara ASEAN. (HA)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *