Sungai Lamong Meluap, Ratusan Rumah Warga di Gresik Terendam Banjir

Sungai Kali Lamong meluap hingga menyebabkan sebagian wilayah di Kabupaten Gresik banjir.

Jatim1.com – Gresik – Awal tahun 2020 banjir melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Benjeng, Gresik. Banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Kali Lamong dan membuat 300 rumah warga terdampak banjir.

Kapolsek Benjeng AKP Soleh Lukman Hadi mengatakan luapan Sungai Kali Lamong mulai menggenangi pemukiman dan persawawah di empat desa di Kecamatan Benjeng sejak pukul 09.00 WIB.

“Sejak pagi tadi, tapi sore ini air mulai mengalir deras. Ini karena hujan yang lebat terjadi di kawasan hulu sana,” kata Soleh.

Baca Juga :  Banjir Gresik, ACT Jawa Timur Salurkan Bantuan Pangan

Dia mengatakan banjir pertama di tahun baru ini menggenangi pemukiman di empat desa. Di antaranya Desa Delik Sumber, Desa Mungkuh Kebang, Desa Kedung Rukem dan Desa Mbulu Rejo.

“Air masuk ke pemukiman empat desa dari luapan Kali lamong. Sedangkan desa lain mengenangi area persawahan. Dari laporan saat ini ketinggian air sekitar 10-40 cm”, jelasnya.

Baca Juga :  1 Karyawan Mie Setan Meninggal Akibat Tabung Elpiji Meledak

Hingga pukul 17.30 WIB air luapan Kali Lamong masih menggenang di beberapa lokasi. Salah satunya di Pasar Benjeng air masuk dengan ketinggian hampir lutut orang dewasa.

Para pedagang juga terlihat mengemasi barang dagangannya. Bahkan kantor Koramil 0817/10 juga terendam banjir. Sedangkan air juga menggenangi Jalan Benjeng yang merupakan jalur antar kecamatan di Gresik. (RED.WILL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *