Jadi Walikota Surabaya, Dokter Gamal Siap Mbayari BPJS Kesehatan Kelas 3 Mandiri

Jatim1.com – Surabaya – Selama berkeliling Surabaya, Gamal Albinsaid mendengarkan masalah dan harapan warga Kota Surabaya, banyak sekali warga yang mengeluhkan iuran BPJS Kesehatan dan kenaikannya. Selasa, (24/12/2019). Gamal Albinsaid akhirnya berkomitmen menghadirkan sebuah komitmen kebaikan untuk Kota Surabaya : BPJS Kesehatan Kelas 3 Mandiri dibayar.

“Sabtu pagi (21/12/2019) di pinggir Kota Surabaya saya bertemu Ibu Nafiah, seorang Ibu berusia 57 tahun, yang menderita sakit kanker darah sejak Juni 2019. Beliau berharap saya bisa menghadirkan bantuan untuk pembiayaan kesehatan,” Ujar Gamal Albinsaid .

Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan warga Surabaya membayar (Ability To Pay) iuran adalah 16.571, sedangkan kemauannya (Willingness To Pay) adalah 12.485. Oleh karena itu, iuran BPJS Kesehatan Kelas 3 sebesar 25.500 dan kenaikannya menjadi 42ribu di atas kemampuan dan kemauan masyarakat.

Baca Juga :  Grafik Elektabilitas dan Popularitas Gus Hans Terus Meningkat Dalam Pilkada Surabaya

“Hari ini kita saksikan, banyak warga berbondong-bondong ke kantor BPJS Kesehatan untuk turun kelas. Rakyat yang tidak miskin, bukan berarti ia mampu membayar iuran BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan yang hadir untuk meringankan warga, iurannya mulai terasa membebani warga,” Ujar Gamal Albinsaid .

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan bagian dari kesejahteraan yang harus kita wujudkan sesuai dengan cita-cita Bangsa Indonesia. Sebagaimana layanan pendidikan wajib belajar yang gratis, maka kini kesehatan sebagai kebutuhan dasar warga sudah waktunya mendapatkan jaminan dari pemerintah.

“Saya tidak rela ayah dan ibu di rumah terbebani karena harus membayar iuran BPJS Kesehatan yang di luar kemauan dan kemampuannya. Saya tidak rela anak-anak di rumah kesehatannya dikorbankan karena ketidakmampuan orang tuanya membayar iuran BPJS Kesehatan. Dengan ini, saya ingin memberikan ketenangan kepada warga, karena saya yakin kesehatan adalah hak semua warga Surabaya,” Ujar CEO Indonesia Medika tersebut.

Baca Juga :  Resmi Machfud Arifin Kini Didukung Lima Partai Maju Cawali Surabaya 2020

Setelah berdiskusi dengan masyarakat, rekan-rekan BPJS Kesehatan, Puskesmas, Dinas Kesehatan, melakukan survei di berbagai kota lain, dan melakukan simulasi APBD.

“Kami berkomitmen menghadirkan sebuah komitmen kebaikan untuk Kota Surabaya : BPJS Kesehatan Kelas 3 Mandiri dibayar,” Ujar Gamal Albinsaid ..

Apakah ini realistis dan bisa diimplementasi?

Pertama, kami sudah melakukan simulasi APBD dan pembiayaan alternatif, ini sangat realistis untuk diimplementasi.

Kedua, Iuran BPJS Kesehatan yang dibayarkan tidak akan bergantung pada APBD, kami akan berinovasi dan berkolaborasi melalui pembiayaan alternatif lain.

Ketiga, tanpa menunggu menjabat, saya sudah berjuang membantu puluhan ribu pasien mendapatkan layanan kesehatan. Dengan menjadi walikota, saya yakin bisa membantu jutaan warga,” lugas Bakal Calon Walikota (Bacawali) Surabaya ini.(ari)

Baca Juga :  Maju Pilwali Surabaya, Gamal Optimis Dapat Rekom dari Gerindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *