Eksistensi SNB FC Klub Komunitas Penggila Bola di Surabaya Barat

  • Share

Jatim1.com – Surabaya – Salah satu klub sepakbola yang eksis hingga sekarang  di kota Surabaya adalah SNB FC. Klub sepakbola ini dibentuk oleh para komunitas penggila  sepakbola  yang tinggal di wilayah Surabaya Barat sejak tahun 2008.

Menurut Gunawan, salah satu pencetus berdirinya SNB FC, klub ini awal berlatih di lapangan mini soccer Graha Family, terus pindah ke lapangan mini soccer Pakuwon Indah. Kemudian lapangan Pakuwon Indah tsb ditutup untuk umum, karena lapangan Pakuwon tsb jadi satu dengan  lapangan sekolah SES (Surabaya Europe School).

“Akhirnya sejak tahun 2012 SNB FC resmi pindah berlatih ke lapangan SIER Rungkut hingga sekarang setiap hari minggu pagi”,Ujar Gunawan yang juga merupakan pengusaha distributor kaca film dan agen properti.

Para pemain SNB FC sendiri terdiri dari pengusaha dan  berbagai profesi seperti  kontraktor properti, pialang saham, ekspedisi, kontrator alat berat, distributor plastik dan pecah belah, agen properti, bankir, distributor bahan bangunan, pabrik benang, distributor kaca film, rumah makan, Pendidikan dan lain sebagainya.

Selain diisi pengusaha dan berbagai profesionaL, Di SNB FC juga terdiri atas berbagai suku  dan etnis seperti Tionghoa, jawa, Sulawesi, Sumatera serta Kalimantan. Latihan yang dibuat SNB FC dibuat model kompetisi antar pemain, dimana setiap minggu susunan tim berubah berdasarkan undian.

Di akhir kompetisi, setiap pemain yang memiliki point tertinggi akan mendapatkan hadiah khusus. Jalannya latihan di SNB FC sendiri dibuat seperti nuansa kompetisi resmi dimana pada sesi latih tanding dipimpin seorang wasit dan 2 hakim garis, wasit pun dibekali kartu kuning dan kartu merah untuk memberikan hukuman kepada pemain yang melakukan pelanggaran keras. Sehingga semboyan FIFA tentang Fair Play, diterapkan di latih tanding antar pemain di SNB FC.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.