Sosok ‘Maria Zaitun’ di Pentas International Theatre Festival 2019

International Theatre Festival 2019

Jatim1.com –  Tengku Rina memahami betul karakter ‘Maria Zaitun’ dalam pertujukan teaternya dengan konsep Republic Of Performing Arts.  Dia sudah tampil sempurna dan semoga terpilih sebagai pemenang di event XVI Teatralny Kufar International Theatre Festival 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 25 November 2019, di Minsk, Belarusia. Adapun negara lain yang kelompok teaternya terpilih juga, antara lain adalah Aljazair, Belarusia, Chile, Perancis, Georgia, Ghana, India, Iran, Israel. Italy, Jordan, Latvia, Marokko, Nepal, Pilipina, Polandia, Rusia, Spanyol dan Ukraina

“Saya benar-benar tampil maksimal di pentas Festival Teater ini Rabu, 20 November 2019 kemarin, saya sangat menjiwai peran dan mengikuti sesuai arahan sutradara. Bangga rasanya bisa tampil di pagelaran internasional,” Ujar Tengku Rina kepada Syafrudin Budiman, langsung dari Belarusia. Sabtu, (23/11/2019).

Baca Juga :  Terpuruknya Industri Baja di Indonesia

Tengku Rina bercerita bahwa karakter Maria Zaitun adalah sosok Pelacur Dewasa atau STW (red-Setengah Tua) yang terlunta-lunta dari kota satu ke kota lainnya. Kenapa bisa begitu? karena sebagai perempuan pekerja seks komersial Maria Zaitun terkena penyakit kelamin sifilis dan lainnya.

Bahkan Maria Zaitun kata Tengku Rina, sudah minta pertolongan Pastur di gereja dan orang-orang lainnya. Akan tetapi, Maria Zaitun tetap ditolak sana-sini.

“Namun akhirnya sesuai ending cerita naskah, Maria Zaitun ketemu dengan lelaki baik yang mau merawatnya. Pada akhirnya mereka jatuh cinta dan menikah hidup bahagia. Itulah kisah singkatnya,” Sambung Tengku Rina medeskripsikan sosok Maria Zaitun.

Republic Of Performing Arts sebagai satu-satunya wakil Indonesia dalam festival teater internasional tersebut sukses mementaskan lakon Maria Zaitun. Drama yang diadopsi dari sajak Nyanyian Angsa karya WS Rendra dan ditulis ulang Amien Kamil, sekaligus sutradara.

Baca Juga :  Evan Dimas Dikontrak Persija

Saat penampilan Tengku Rina dkk berhasil memukau penonton, juri dan peserta festival yang diikuti 12 negara.

Sementara itu Amien Kamil sebagai Artistic Director Republic Of Performing arts Jakarta – Indonesia melalui akun facebooknya menceritakan proses saat tampil di festival teater di Rusia.

Katanya, setelah diseleksi dari lebih 70 konsep teater & dokumentasi video dari seluruh dunia serta melalui kuratorial yang ketat dan berdasarkan citarasa yang tinggi. Akhirnya video & konsep pertunjukan Republic Of Performing Arts, Jakarta  yang berjudul “Maria Zaitun’ akhirnya terpilih menjadi penampil utama mewakili Indonesia dalam kompetisi Festival Teater International yang cukup bergengsi ini.

Baca Juga :  DPC GMNI Surabaya Keluarkan Surat Rekomendasi untuk Bung Dendy

“Saat even “XVI Teatralny Kufar International Theatre Festival 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 25 November 2019, di Minsk, Belarusia. Kami sudah tampil sempurna. Mohon doa restu salam hormat, semoga terpilih sebagai pemenang,” ujar Amien Kamil. (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *