Ditanya Risma Malah Ngelantur, 6 Anak Diminta Jalani Tes Urine

Walikota Surabaya Tri Rismaharini

Jatim1.com – Enam anak diduga terpapar paham kekerasan di Surabaya harus menjalani tes urine. Mereka ditangani secara khusus dari Pemkot Surabaya setelah ngelantur saat ditanya Wali Kota surabaya Tri Rismaharini.

Sebanyak 65 anak yang diduga terpapar paham kekerasan dari kelompok Jawara dan All Star dikumpulkan di Mal Pelayanan Publik, Siola, Surabaya.

Sejumlah anak yang terdiri dari  pelajar SD hingga SMA itu sempat mendapat beberapa pertanyaan dari walikota surabaya Tri Rismaharini.

Namun sebagian dari anak-anak justru memberikan respons yang keluar dari konteks. Oleh Karena itu, Risma meminta BPB memberikan penanganan khusus terhadap beberapa anak tersebut.

Baca Juga :  Said Aqil: Untung Saja Gus Dur Belum Mengenal Medsos

“Tolong Pak, anak-anak ini ditangani,” kata Risma kepada Kepala BPB Linmas, Eddy Chistijanto, Kamis (10/10/2019).

Seusai acara, Eddy mengatakan ada enam anak yang mendapatkan penanganan khusus. Mereka menjalani tes urine.

“Ada enam anak yang dilakukan tes urine. Tapi hasilnya saya belum ngecek. Itu yang melakukan tes urine atau narkoba dari Dinas Kesehatan,” terang Eddy.

Saat ditanya kenapa Risma menaruh curiga kepada enam anak tersebut, Eddy menjelaskan bahwa Wali Kota sudah mengetahui ciri-ciri orang yang menyalahgunakan barang terlarang.

Baca Juga :  5 Kota di Jawa Timur Dilanda Hujan dan Angin Kencang, Harap Waspada !

“Bu Wali kan tahu dari struktur mimiknya, mimiknya kelihatan. Diajak ngomong malah nggak nyambung. Makanya tadi Bu Wali bilang tangani anak-anak ini Pak. Biasanya indikasinya memakai narkoba. Ibu sudah paham soal itu,” jelas Eddy.

Namun, kata Eddy saat ini pihaknya belum mengetahui hasil tes urine tersebut. Namun, jika positif narkoba, akan dilakukan rehabilitasi oleh Dinas Kesehatan.

“Kami lakukan rehabilitasi, biasanya kami kalau siswa rehabilitasinya di rumah. Tapi nanti ada Dinas Kesehatan yang setiap hari datang ke rumah mereka,” tutur Eddy.(**)

Baca Juga :  Dukung OPOP, ACT Kenalkan Program BERISI pada Gubernur Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *