Berita  

UNESA Memperoleh Peningkatan Peringkat dalam THE Asian University Ranking 2024: Sebuah Tinjauan

Jatim1.com-Komitmen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) untuk meningkatkan pengakuan dan reputasinya secara internasional semakin terlihat melalui berbagai lembaga pemeringkatan dunia. Dalam THE Asian University Ranking 2024, UNESA berhasil meraih peringkat ke-17 di tingkat nasional. Pengumuman ini disampaikan melalui laman resmi Times Higher Education (THE) pada tanggal 30 April 2024. UNESA juga berhasil menempati peringkat 601+ di Asia, mengungguli beberapa universitas lainnya.

Prof. Nadi Suprapto, Ph.D., Direktur Inovasi, Pemeringkatan, dan Publikasi Ilmiah UNESA, menjelaskan bahwa prestasi ini adalah hasil dari upaya keras kampus dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian. Dia menyoroti kriteria penilaian seperti pengajaran, lingkungan penelitian, pandangan internasional, keterlibatan industri, dan kualitas penelitian yang menjadi faktor penentu peringkat.

Baca Juga :  Tim Imori Unesa Meraih Juara Futsal Tingkat Nasional

THE merupakan salah satu institusi yang dihormati dalam menilai kinerja universitas secara global dan menjadi sumber informasi penting bagi berbagai pihak, termasuk calon mahasiswa, akademisi, dan industri. Pemeringkatan THE meliputi tiga aspek utama: penelitian, dampak, dan pengajaran. Pada tahun 2024, terdapat 18 indikator penilaian yang digunakan, meningkat dari 13 indikator pada tahun sebelumnya.

Meskipun UNESA masih menempati peringkat 1501+ dalam THE World University Ranking 2024, pencapaian ini menjadi landasan untuk evaluasi dan pengembangan strategi kedepan guna meningkatkan reputasi globalnya. Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset, Publikasi Ilmiah, Pemeringkatan, dan Science Center, menyatakan bahwa capaian UNESA dalam THE AUR 2024 memberikan semangat untuk terus meningkatkan mutu akademik melalui transformasi yang berkelanjutan.

Baca Juga :  Distribusi Paket Gizi di Bululawang Malang untuk Menurunkan Angka Stunting

Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengungkapkan bahwa pencapaian yang membanggakan ini adalah hasil dari kolaborasi dan dedikasi seluruh komunitas akademik UNESA. Tren positif ini juga tercermin dalam pemeringkatan lembaga dunia lainnya seperti THE Impact Ranking, THE WUR, Scimago Institutions Ranking, dan QS World University Ranking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *