Berita  

Presiden Jokowi akan Menghadiri Ijazah Kubro PP Pagar Nusa di Surabaya

Presiden Jokowi akan Menghadiri Ijazah Kubro PP Pagar Nusa di Surabaya, Foto TikTok by@dimasbys

Jatim1.com- Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri acara Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa untuk masa khidmat 2023-2028. Acara ini akan diselenggarakan di Lapangan Jala Krida, Bumimoro, Surabaya.

Gus Nabil, yang merupakan Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa Nahdlatul Ulama, mengungkapkan bahwa acara Ijazah Kubro dan pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa yang akan berlangsung pada Minggu, 22 Oktober 2023, merupakan bagian dari perayaan Hari Santri di Surabaya.

Gus Nabil menyatakan, “Agenda yang pasti akan dihadiri oleh Bapak Presiden, Rais Am PBNU, dan Panglima TNI. Kami sudah mengundang mereka untuk hadir dalam acara tersebut,” dalam wawancara dengan wartawan di Foodies Gallery, Surabaya, pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Baca Juga :  Aliansi BEM Surabaya Tuntut KSOP Bertanggungjawab Atas Lolosnya Barang Ilegal di Surabaya

Acara Ijazah Kubro ini diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 25 ribu peserta, dengan berbagai atraksi, seperti koreografi pencak silat oleh 99 pendekar, pengiring orkestra NU Light sebanyak 101 orang, serta pertunjukan paduan suara.

Selain itu, sebanyak 80 orang dari berbagai profesi akan diresmikan sebagai Pengurus Pusat Pagar Nusa untuk masa khidmat 2023-2028, termasuk di antaranya PNS, Polri, TNI, pengusaha, pedagang, dan lainnya.

Gus Nabil berharap bahwa setelah pengukuhan tersebut, para pengurus Pagar Nusa akan segera melaksanakan program kerja sesuai dengan hasil kongres organisasi yang telah disusun melalui forum FGD oleh para pakar dan sesepuh.

Baca Juga :  Komitmen Kooperatif: Bupati Sidoarjo Dorong Fasilitasi Data bagi KPK

Letnan Jenderal TNI (Purn) Ganip Warsito, Ketua Pelaksana acara Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa, menyatakan bahwa sekitar 450 pasukan inti Pagar Nusa akan dikerahkan untuk membantu jajaran TNI-Polri dalam menjalankan skema pengamanan di lokasi dan rute menuju Jala Krida.

Pagar Nusa juga telah berkolaborasi dengan 16 perguruan silat dan berkoordinasi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) untuk memastikan kelancaran acara tersebut.

Ganip juga mengingatkan kepada semua anggota Pagar Nusa agar tidak menggunakan kendaraan pribadi, melainkan menggunakan angkutan yang telah disiapkan dalam satu rombongan. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi kecelakaan dan masalah di perjalanan. Pihak penyelenggara juga telah mengkoordinasikan dengan Pelindo terkait penyediaan bus dan lokasi parkir VVIP, VIP, serta peserta lainnya.

Baca Juga :  Di hari Kemerdekaan Komunitas Vespa dan Polisi Melakukan Blusukan di Ngawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *