Bukit Keciri Pasuruan Terbakar Akibat Kebakaran di Gunung Bromo, BPBD Berusaha Melakukan Water Bombing

Bukit Keciri Pasuruan Terbakar Akibat Kebakaran di Gunung Bromo, BPBD Berusaha Melakukan Water Bombing, Foto TikTok by@tugujatimid

Jatim1.com- Bukit Keciri di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, saat ini terjadi kebakaran yang disebabkan oleh dampak dari kebakaran yang terjadi di padang Savana Bukit Teletubbies Gunung Bromo.

Kebakaran ini pertama kali terjadi pada Rabu 6 September 2023 siang, saat sekelompok pengantin melakukan sesi foto prewedding dengan menggunakan flare. Hingga saat ini, api masih terus membakar kawasan bukit tersebut, dan petugas berjuang keras untuk memadamkannya.

“Kebakaran di Bukit Keciri masih belum berhasil dipadamkan dan masih dalam skala besar,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi, saat dimintai konfirmasi pada Rabu 13 September 2023.

Baca Juga :  Gunung Bromo Terbakar Kembali Akibat Pengunjung Menyalakan Api untuk Foto Prewedding

Kebakaran di Bukit Keciri ini pertama kali terjadi, pada Senin 11 September 2023 sekitar pukul 13.00 WIB, dan berasal dari percikan kebakaran yang awalnya terjadi di padang Savana Bukit Teletubbies Gunung Bromo.

“Sudah ada upaya pemadaman yang dilakukan oleh ratusan orang sejak Senin hingga Selasa, namun kondisi angin kencang, tanah yang sangat kering, medan yang sulit, dan kekurangan pasokan air membuat upaya pemadaman menjadi sangat sulit,” jelas Sugeng.

Baca Juga :  Dihujani Kritikan, Rektorat UINSA Penyebab Kerancuan PBAK 2023

Saat ini, ratusan orang dari berbagai desa di Kecamatan Tutur masih terus berupaya memadamkan api. Mereka menggunakan berbagai metode seperti membuat gebyok dan sekat bakar untuk memutus jalur perambatan api.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan juga mengungkapkan bahwa mereka telah berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur untuk dapat melaksanakan operasi water bombing guna memadamkan kebakaran ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *