Normalisasi Sungai Kalimas, Antisipasi Banjir Kota Surabaya

Normalisasi sungai Kalimas dilakukan untuk mengeruk sedimen tanah yang terbawa air.

Jatim1.com – Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadakan normalisasi atau pengerukan Sungai Kalimas untuk mengantisipasi luapan air sungai saat hujan deras.

“Pemeliharaan ini rutin dilakukan, paling tidak satu tahun sekali. Kapasitas sungai yang sebelumnya tinggi, karena sedimentasi jadi berkurang. Makanya, pengerukan ini, untuk mengembalikan kapasitas saluran seperti semula,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara di Surabaya, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga :  Upaya Bank Indonesia: Gerakan Peduli Uang Koin  

Untuk tahun ini, tambah dia pengerukan di Sungai Kalimas dilakukan sejak Jumat (17/1) hingga saat ini. Kegiatan yang bertujuan menambah kapasitas sungai itu dilakukan mulai Taman Lalu Lintas hingga DAM Karet Gubeng. Panjang area sungai yang dikeruk diperkirakan lebih dari satu kilometer.

Menurut dia, pengerukan atau normalisasi Sungai Kalimas sebenarnya merupakan kewenangan Perum Jasa Tirta selaku pengelola. Namun, lanjut dia pengerukan dilakukan oleh Pemkot Surabaya untuk mengantisipasi luapan air sungai dan saluran lain yang terkoneksi dengan Sungai Kalimas.

Baca Juga :  Surabaya Mantapkan Komitmen Smart City untuk Peningkatan Pelayanan Publik dan Lingkungan

“Sebenarnya ini kewenangan Perum Jasa Tirta. Tapi untuk antisipasi luapan air sungai saat hujan, Pemkot Surabaya sudah melakukan koordinasi juga. Biar tidak banjir, ” ungkap Febriadhitya. (RED.WILL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *