Gandeng McDonald, Ford Kembangkan Limbah Kopi jadi Komponen Mobil

Komponen mobil dari limbah kopi, hasil pengembangan dari Ford dengan McDonald
Komponen mobil dari limbah kopi, hasil pengembangan dari Ford dengan McDonald

Jatim1.com – Seiring dengan banyaknya isu perubahan iklim yang santer diteriakkan banyak pihak, Ford mengembangkan salah satu komponen mobilnya dari limbah kopi. Untuk pengembangan komponen ini, Ford menggandeng salah satu waralaba makanan cepat saji terbesar dunia, McDonald.

Pabrikan asal Amerika Serikat ini sedang dikejar untuk memperbaiki emisi gas buang mereka, sekaligus peningkatan produksi mobil listrik. Oleh sebab itu, Ford tengah mengembangkan komponen mobil dari sampah Mc-Donald ini.

Untuk tahap awal, Ford fokus pada pengolahan kulit kopi sisa roasting. Pihak Ford juga menyebut bahwa bahan ini tersedia dibuang dalam jumlah besar setiap tahunnya. Kulit kopi ini akan diubah menjadi rumah lampu utama, beberapa bagian interior, dan di bawah kap.

Dari hasil percobaan yang dilakukan, mobil dengan komponen kulit kopi ini memiliki bobot yang lebih ringan 20 persen. Selain itu, penggunaan komponen kulit kopi ini membuat adanya pengurangan energi produksi sebesar 25 persen.

Tak hanya itu, pihak Ford juga mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien dan ramah lingkungan. Dikutip dari The Verge, Ford menyatakan bahwa komponen dari kulit kopi ini lebih baik jika dibandingkan dengan material lain yang biasa digunakan. (J1AA12)

Exit mobile version