Berita  

Gunung Semeru Meletus 3 Kali dalam Sehari, Peningkatan Aktivitas Vulkanik yang Dikhawatirkan

Gunung Semeru Meletus 3 Kali dalam Sehari, Peningkatan Aktivitas Vulkanik yang Dikhawatirkan, Foto TikTok by@ahmadhuntara

Jatim1.com- Gunung Semeru meletus sebanyak 3 kali dalam satu hari pada Rabu 1 Mei 2024. Letusan pertama terjadi pada pukul 09.41 WIB, yang diikuti oleh letusan pada pukul 18.45 WIB dan 22.54 WIB.

Meskipun kejadian tersebut, tidak ada visual yang bisa diamati secara langsung. Ghufron Ali dari PVMBG mengonfirmasi bahwa meskipun erupsi terjadi, ketinggiannya tidak terlihat secara visual.

Detail letusan pertama, tercatat pada pukul 09.41 WIB dengan amplitudo maksimum 22 mm dan berlangsung selama 111 detik. Sementara itu, letusan kedua pada pukul 18.45 WIB dengan amplitudo yang sama, 22 mm, dan durasi 137 detik. Letusan ketiga, pada pukul 22.54 WIB, memiliki karakteristik serupa dengan amplitudo 22 mm dan durasi 141 detik.

PVMBG merekomendasikan agar warga tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak gunung. Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan, karena ada potensi bahaya dari ekspansi awan panas dan aliran lahar hingga 17 km dari puncak.

Selain itu, warga juga diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

Exit mobile version