Berita  

Sebuah Lumba-lumba Tersesat di Sungai Situbondo

Sebuah Lumba-lumba Tersesat di Sungai Situbondo, Foto TikTok by@fotomalam

Jatim1.com- Sebuah insiden mengejutkan terjadi di Sungai Desa Selomukti, Mlandingan, Situbondo, ketika sebuah lumba-lumba warna hitam ditemukan terdampar di aliran sungai tersebut. Keberadaan lumba-lumba berukuran sekitar 2 meter itu menjadi perhatian warga sekitar, karena kejadian seperti ini jarang terjadi di sungai air tawar.

“Kejadian ini terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, saat air laut sedang pasang,” ungkap AKP Gede Sukarmadiyasa, Kasat Polairud Polres Situbondo, pada Sabtu 23 Maret 2024.

Dugaan awal menyebutkan bahwa lumba-lumba tersebut tersesat ke sungai setelah mungkin terlalu berenang dekat pinggir pantai saat air laut pasang, dan akhirnya masuk ke sungai sebelum terbawa lebih jauh ke arah hulu.

“Warga kemudian bersama-sama mendorong lumba-lumba tersebut untuk dikembalikan ke laut,” tambah Gede Sukarmadiyasa.

Informasi dari sumber-sumber setempat menyebutkan bahwa lumba-lumba tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang sedang berada di sawahnya. Sungai yang berdekatan dengan persawahan tersebut memiliki lebar sekitar 4 meter.

Ketika mendengar suara gemericik air yang tidak biasa, warga tersebut kemudian menemukan keberadaan lumba-lumba itu. Sayangnya, lumba-lumba tersebut terlihat lemah dan kelelahan, mungkin karena adaptasinya yang buruk di air tawar setelah biasanya hidup di air asin.

Setelah berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait, warga kemudian bersama-sama menyusuri sungai untuk membantu lumba-lumba itu kembali ke habitatnya di laut.

Exit mobile version