Revitalisasi TikTok Shop: Investasi USD 1,5 Miliar untuk Menguatkan Ekosistem Tokopedia di Indonesia

Ilustrasi: TikTok Shop (Instagram)

Jatim1.com-TikTok Shop kini secara serius melakukan ‘comeback’ dengan mengumumkan investasinya lebih dari USD 1,5 miliar dalam Tokopedia, yang merupakan milik Grup GoTo (Gojek Tokopedia Tbk). Kemitraan strategis ini menandai komitmen jangka panjang TikTok untuk mendukung operasional Tokopedia tanpa adanya dilusi lebih lanjut terhadap kepemilikan GoTo di platform tersebut.

Investasi tersebut bertujuan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional. Sebagai bagian dari kemitraan, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok mengendalikan entitas tersebut. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Kesepakatan ini diharapkan memberikan manfaat yang luas bagi pengguna dan pelaku UMKM Indonesia, dengan pertumbuhan bisnis Tokopedia yang dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia dianggap akan menguntungkan GoTo. Selain menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, kemitraan ini juga melibatkan jangkauan pasar yang lebih luas melalui layanan keuangan digital GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek.

Transaksi investasi ini dijadwalkan akan selesai pada kuartal pertama 2024, sesuai dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan strategi perseroan dalam memperluas cakupan pasar. Untuk memastikan keberlanjutan langkah Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite yang dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

GOTO dan TikTok berkomitmen untuk memberikan banyak kemudahan bagi para UMKM yang telah bergabung dalam Tokopedia, dengan harapan dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo dalam transaksi ini.

Exit mobile version