Kesiapan Pemerintah Kota Surabaya Menghadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi: Sinergi dan Kesiagaan Stakeholder Ditekankan

Wali Kota Eri Cahyadi bersama Danrem 084 Bhaskara Jaya dan Kapolrestabes Surabaya, meninjau peralatan yang digunakan apabila terjadi bencana alam.

Jatim1.com-Pemerintah Kota Surabaya menyatakan kesiapannya menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, khususnya banjir, dengan merespons peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai peningkatan intensitas curah hujan di Provinsi Jawa Timur. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menekankan perlunya persiapan semua pihak terkait menghadapi kondisi alam yang tidak menentu, terutama dalam menghadapi ancaman banjir, curah hujan tinggi, dan angin puting beliung di wilayah tersebut.

Dalam Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Lapangan A Mapolrestabes Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi memimpin gelar pasukan yang dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya, termasuk Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Yusman Madayun dan Kepala Polrestabes Surabaya Kombes Polisi Pasma Royce. Eri menekankan pentingnya sinergi antara semua stakeholder dalam menanggulangi bencana seperti pohon tumbang, angin puting beliung, rumah roboh, dan banjir.

Baca Juga :  Ratusan Pemuda di Ponorogo Jalani Pelatihan Konten Kreator untuk Meningkatkan Promosi Desa

Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polrestabes Surabaya, Kodim, dan Korem atas kesiapan mereka dalam membantu masyarakat. Ia berharap dengan sinergi dan kesiapan semua pihak terkait, Kota Surabaya dapat mengurangi dampak bencana alam.

Meskipun menyadari bahwa bencana alam bisa terjadi secara mendadak, Wali Kota Eri memastikan bahwa Pemerintah Kota Surabaya, bersama TNI dan Polri, akan selalu siaga memberikan bantuan secepatnya kepada masyarakat. Dalam situasi bencana, pihaknya menegaskan bahwa semua elemen pemerintah setempat akan berkoordinasi untuk memberikan bantuan maksimal, termasuk dalam proses perbaikan.

Baca Juga :  Krisis Pasokan Cabai: Harga Meroket di Jawa Timur dan Tantangan Petani Menghadapi Musim Kemarau

Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Yusman Madayun, menyampaikan kesiapannya untuk membantu setiap saat ketika terjadi bencana alam di Kota Surabaya. Apel pasukan ini juga dihadiri oleh unsur terkait lainnya, seperti TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, serta Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Baca Juga :  Polisi Jatim: Perlintasan KA Masih Banyak, Tapi Jumlahnya Terus Menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *