Gerhana Matahari Cincin Akan Terlihat di Indonesia pada 14 Oktober 2023 ?

Gerhana matahari cincin akan terlihat di Indonesia pada tanggal 14 Oktober 2023, Foto TikTok by@rannan.03

Jatim1.com- Pada tanggal 14 Oktober 2023, kita akan menyaksikan puncak Gerhana Matahari Cincin yang akan berlangsung selama lima menit 17 detik. Pertanyaannya, apakah gerhana ini bisa dilihat di Indonesia?

NASA telah mengumumkan informasi mengenai Gerhana Matahari Cincin ini melalui akun Twitter resminya. Fenomena yang dikenal sebagai “cincin api” atau “ring of fire” ini akan bergerak dari Pantai Oregon hingga Teluk Meksiko.

Sebelumnya, Benua Amerika pernah mengalami Gerhana Matahari Cincin pada tanggal 20 Mei 2012, terutama di bagian barat daya Amerika Serikat.

Menurut laporan dari ZME Science, Gerhana Matahari terjadi ketika bulan baru berada di antara bumi dan matahari, menciptakan bayangan di permukaan bumi. Gerhana Matahari berbentuk cincin atau “annular” dapat terjadi ketika bulan berada pada wilayah langit yang relatif kecil, membuatnya terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak menutupi matahari sepenuhnya. Efek ini menciptakan cincin api yang spektakuler.

Perlu diperhatikan bahwa Gerhana Matahari Cincin tidak akan membuat malam gelap seperti Gerhana Matahari Total yang terjadi pada 21 Agustus 2017. Hal ini tergantung pada jarak bulan dari bumi yang dipengaruhi oleh orbit elipsnya, yang menghasilkan perubahan ukuran bulan di langit.

Untuk Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 14 Oktober 2023, bulan baru akan tampak cukup kecil dan hanya menutupi 91 persen dari matahari, menciptakan fenomena cincin api.

Lalu, di mana Gerhana Matahari Cincin ini bisa disaksikan?

Gerhana Matahari Cincin pada tanggal 14 Oktober 2023 dapat dilihat di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan sebagian besar Amerika Selatan. Namun, cincin api ini hanya akan terlihat di jalur selebar 118 hingga 137 mil (sekitar 190 hingga 220 kilometer).

Jalur ini akan melintasi beberapa negara bagian di Amerika Serikat, yaitu:

  1. Oregon Selatan
  2. California Timur Laut
  3. Nevada Utara
  4. Utah Selatan
  5. Colorado Barat Daya
  6. Arizona Timur Laut

Selain itu, Gerhana Matahari Cincin akan melintasi Meksiko Baru dan Texas.

Bagaimana cara aman untuk melihat Gerhana Matahari Cincin?

Untuk melihat Gerhana Matahari Cincin dengan aman, diperlukan filter pelindung matahari khusus. Meskipun hanya melihat sebagian gerhana, risiko terhadap penglihatan mata tetap ada.

Jika ingin melihat gerhana secara langsung ke langit, kacamata khusus untuk Gerhana Matahari sangat diperlukan. Bahkan jika melihat melalui kamera, teleskop, atau teropong, filter Matahari juga harus digunakan untuk melindungi mata dan peralatan.

NASA sangat menyarankan agar tidak melihat matahari secara langsung selama Gerhana Cincin tanpa perlindungan mata khusus yang dirancang untuk melihat matahari.

Untuk mereka yang tidak berada di wilayah jalur gerhana, Anda masih dapat menyaksikan fenomena ini secara virtual. Gerhana “Cincin Api 2023” akan disiarkan secara live streaming melalui laman timeanddate.com dan Exploratorium San Francisco.

Exit mobile version