News  

Ibu Khofifah Gubernur Jawa Timur Launching OPOP ACADEMY dan Luncurkan EKSPOR PERDANA

Gubernur Jawa Timur Khofifah Launching OPOP Academy dan Luncurkan Ekspor Perdana, Foto by Instagram @khofifah.ip

Jatim1.com- Ibu Khofifah Indra Parawansa seorang Gubernur Jatim telah melaunhing OPOP Academy Go Nusantara dan juga pelepasan Ekspor Produk OPOP, pada Selasa 1 agustus 2023 di Dyandra Convention Center, surabaya waktu sore hari.

Gubernur Khofifah dalam pidatonya mengharapkan pengasuh pondok agar senantiasa memberikan pengajaran untuk mengangkat eknomi.

“untuk para pengasuh dan pengurus pondok tidak hanya memberikan pengajaran yang khusus, akan tetapi juga memberikan tools pada santri dan para alumni juga dapat mengangkat perekonomian menjadi lebih efektif”, ujarnya.

Dia juga bercerita waktu bertemu dengan anak-anak SMA yang ada di pondok pesantren tersebut, berpesan dan selalu memotivasi agar cita-cita anak-anakku menjadi juragan bukan karyawan.

Gubernur Khofifah juga berharap, dari OPOP Academy ini akan ada kekuatan ekonomi, lagi pula berbasis pesantren. Para Kyai dan Ibu Nyai berperan penting di dalam mewujudkan pesantren yang jauh lebuh mendiri, sehingga lebih sejahtera pada waktunya dalam mengentaskan kemiskinan.

Dalam beberapa kesempatan juga dilakukan launchiung produk Carbonate Coffe Drink merk Kapiten produksi Pondok Pesantren An Nur 2 Al murtado Malang berkolaborasi dengan CV Kapiten Nusantara.

Tujuan ekspor produk ini adalah Negara Malaysia dengan kemaan 250 ml. Pesantren kini mampu memproduksi 6000 kaleng per hari dengan pekerja 25 0rang yang terhitung semuanya santri.

Sedangkan kegiatan OPOP Academy sepenuhnya didukung oleh PT. GoTo Gojek Tokopedia melalui program yang bernama go Nusantata.

Program pelatihan yang dimiliki PT. GoTo Gojek Tokopedia untuk UMKM untuk membantu kemampuan digital yang biasa disebut dengan program Go Nusantara (Gerakan Online Kecil Usaha Menengah Pintar dan Andal).

Selanjutnya PT. GoTo Gojek Tokopedia tertarik ingin bekerja sama dengan OPOP Jatim dalam pengadaan OPOP Academy, karena kekuatan ekonomi pesantren begitu besar. sehingga pihaknya merasa banyak sekali pelaku-pelaku usaha yang berasal dari pesantren.

OPOP singkatan dari One Pesantren One Produk yaitu sebuah program dengan tujuan peningkatan ekonomi dalam menciptakan uasaha muda , khususnya di kalangan santri.

Selain Gubernur Jawa timur yang menghdari, Namun tampak hadir juga Sekdaprov Jatim Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Jawa Timur, Perwakiran PT. GoTo Gojek Toko pedia dan Wakil Rektor 2 Universitas Negeri Surabaya.

Waktu itu juga dilakukan penandatanngan Perjanjian Kerjasama anatara OPOP dengan PT. GoTo Gojek Tokopedia dan OPOP dengan Universitas Negeri Surabaya.

Partisipan kegiatan ini dihadiri oleh pengurus OPOP dari Pondok Pesantren Se-Jawa Timur, Ikatan Alumni PP Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Ikatan Alumni Nurul Amanah Bangkalan, Koppontren Sidogiri Pasuruan, Ikatan Alumni Ikmal Pondok Modern Al-Rifa’ie Malang,Ikatan alumni PP. Al Yasini Pasuruan, Keluarga Santri dan Alumni PP, IKatan Alumni PP. Salafiyah Safi’iyah Sitobondo.

Exit mobile version