Gubernur Bank Indonesia Optimis Ekonomi  Domestik Membaik Pada Kuartal Ketiga 2020

Gubernur Bank Indonesia

Jatim1.com – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan kegiatan perekonomian domestik perlahan mulai bangkit di kuartal ketiga tahun ini, usai kebijakan pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini terlihat dari beberapa sektor usaha yang mulai kembali pulih dan menggerakkan perekonomian. Antara lain : sektor industri makanan dan minuman, industri logam dasar, telekomunikasi, industri barang dari kulit dan alas kaki. Selanjutnya, ada juga dikontribusi dari sektor pertanian hortikultura, industri sembako, barang galian.

Selain itu, Perry juga memberi keterangan bahwa bahwa terdapat beberapa sektor yang memberikan andil terhadap perekonomian, tapi risikonya meningkat di saat pandemi, sektor itu antara lain tekstil dan produk tekstil, real estate dan furnitur.

“Sehingga secara keseluruhan memang kami perkirakan bahwa di pertumbuhan ekonomi triwulan III meskipun masih kontraksi akan lebih baik dari triwulan II,” jelas Perry Warjiyo dalam acara Capital Market Summit & Expo 2020, Senin (19/10/2020).

Perry juga menambahkan bahwa berdasarkan berbagai indikator data perekonomian yang mulai membaik seperti mobilitas orang, survei penjualan meningkat, dan indeks PMI yang membaik serta ekspor non migas yang membaik, bank sentral memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi akan mulai merangkak bergerak ke arah positif di kuartal keempat tahun ini.

“Kami perkirakan kuartal ketiga akan terjadi kontraksi meski lebih kecil dari kuartal kedua, serta kuartal keempat akan kembali ke positif.,” tambah Perry. (Handy)

 

Exit mobile version