Strategi Khusus Ditreskrimsus Polda Jatim Terkait Pelayanan Masyarakat

Kombes Pol. Gideon Arief Setyawan

Jatim1.com – Surabaya – Ditreskrimsus Polda Jatim yang dipimpin Kombes Pol. Gideon Arief Setyawan mempunyai strategi khusus kedepannya untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik. Hal ini disampaikannya pada Minggu, (05/1/2020).

“Karakter untuk krimsus itu menangani kejahatan yang berorientasi pada perekonomian masih 5 sudut di bawah Direktorat Krimsus itu masing-masing punya sektor atau bidang kerja yang berbeda. Tetapi ancamannya semuanya pasti orientasinya untuk ekonomi,” Ujar Gideon .

Dikatakan lebih lanjut, kejahatan yang dilakukan dilingkupnya Krimsus. Mayoritas itu ekonomi dan sekarang yang lebih menjadi tren baru adalah tindak pidana yang menggunakan akses internet atau bisa disebut Cyber Crime.

Baca Juga :  Polisi Ungkap yang Jadi Bos Jaringan Prostitusi

“Ini menjadi ruang peradaban baru dalam konteks tindak pidana maka strategi yang dilakukan oleh Krimsus juga menyesuaikan dengan ancamannya, bahwa setiap tindak pidana yang dilakukan berorientasi ekonomi dilakukan oleh korporasi maupun perorangan,” Sambungnya.

Menurutnya, semua kasus kita maksimalkan mungkin dengan sampai pada Follow The Money maksudnya adalah TPPU dalam setiap penanganan. Tindak pidana paling menonjol 2019, kasus viral seperti VA, kasus Cyber Crime,  kasus kekayaan alam seperti penyelundupan benur ke luar negeri tanpa ijin resmi atau secara ilegal.

Baca Juga :  MEMAKNAI KETELADANAN GURU DALAM BINGKAI PENDIDIKAN NASIONAL

“Kalau strategi untuk menangani persoalan menguatkan kompetensi seperti kita awal tahun sudah melakukan meningkatkan kompetensi penyidik dalam konteks penyidikan Korporasi maupun penyidikan yang sifatnya white or crime. Kemudian yang kedua membangun tim yang solid yang secara sinergi itu diback up oleh kemampuan teknologi untuk melakukan pengungkapan tindak pidana,” tutup Gideon. (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *