Dirut RSUD Dr. Soetomo Himbau Untuk Waspada Penyakit DBD

Dirut RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuhadi

Jatim1.com – Surabaya – Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo, Joni Wahyuhadi, menekankan kepada masyarakat supaya melakukan pencegahan sejak dini berkembangnya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim penghujan ini.

Menurutnya, pada musim penghujan seperti ini merupakan musim nyamuk berkembang biak, yang paling berbahaya lagi nyamuk DBD berkembang biak di air bersih, sehinga jika tidak rutin mengontrol penyimpanan air maka dikhawatirkan menjadi sarang nyamuk.

“Nyamuk DBD berkembang biak di air yang jernih, akan menjadi momok menakutkan di musim pancaroba ini jika kita tidak melakukan tindakan antisipasi,” Ujar Dirut RSUD Dr. Soetomo saat dihubungi via telepon. Sabtu, (04/12/2020).

Baca Juga :  Menteri BUMN Tugaskan Ahok Usut 142 Anak Usaha Pertamina dalam Waktu Sebulan

Dikatakan lebih lanjut, RSUD Dr. Soetomo pada prinsipnya siaga 24 jam, kita kan tidak pernah menolak pasien DBD hal yang setiap musim kita hadapi. Mulai dari kesiapan intensive care siap, high care, low care dan juga tenaga dari sub spesialis sampai tenaga pendukung ada setiap saat.

“Masyarakat perlu antisipasi dengan melakukan tindakan menguras, menutup, dan menimbun (3M). Contohnya, menguras bak mandi, lalu memberi penutup, dan menimbun kaleng-kaleng bekas, yang berpotensi menjadi sarang nyamuk DBD,” Ujar Joni Wahyuhadi.

Baca Juga :  ACT Jatim Dukung Perluasan Lokasi Lumbung Beras Wakaf

Sebaiknya, jika telah mendapati tanda-tanda terkena penyakit DBD, segera melakukan konsultasi ke dokter supaya diberikan penanganan sebelum terlambat.

“Saya menghimbau, untuk masyarakat selalu menjaga air tidak tergenang, dan bila ada gejala panas, kemerahan di kulit atau lemas, segera ke pusat pelayanan kesehatan,” Ujar Joni Wahyuhadi. (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *