Berita  

Mahasiwa KKN Kelompok 19, 20, dan 21 Universitas Budi Luhur Jalankan Kegiatan Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kebersihan Lingkungan, dan Kesehatan di Desa Segaran, Karawang

Universitas Budi Luhur Jalankan Kegiatan Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kebersihan Lingkungan, dan Kesehatan di Desa Segaran, Karawang

jatim1.com – Mahasiswa Universitas Budi Luhur Kelompok 19, 20, dan 21 Periode 2022/2023 pada tanggal 25 Juli 2023 menjalankan KKN atau Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat menggunakan rancangan program kerja yang telah dibuat, yang mana akan diaplikasikan kepada sasaran daerah yang menjadi tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut.

Lokasi pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Kelompok 19, 20, dan 21 adalah pada Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang dilangsungkan mulai dari hari Selasa, 25 Juli 2023 s/d hari Sabtu, 19 Agustus 2023. Total keseluruhan anggota Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Segaran, Karawang ini adalah sejumlah 28 orang, serta dibimbing oleh dosen pembimbing Pak Muhammad Iqbal Naufal, S.I.Kom.,M.I.Kom.

Inti dari tema yang digunakan oleh ketiga kelompok adalah peningkatan gaya hidup melalui kualitas pendidikan yang baik, kebersihan lingkungan yang memadai, sehingga dapat membentuk lingkup sosial yang lebih sehat dan terarah. Berdasarkan inti tema yang telah diusung tersebut, Mahasiswa diperlukan untuk membantu meningkatkan semangat belajar pada siswa/i Sekolah Dasar (SD) dan juga siswa/i Madrasah Ibtidaiyah (MI), meningkatkan kesadaran lingkungan melalui program kerja bakti, serta berpartisipasi dalam kegiatan kesehatan di Posyandu Melati 2.

   

Salah satu kegiatan yang dijadikan sebagai program kerja utama ketiga kelompok, yakni Program Kerja Bakti, dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juli 2023 di RT.06 Desa Segaran, Kec. Batu Jaya. Dalam pelaksanaannya Mahasiswa KKN dibantu oleh warga setempat membersihkan selokan atau saluran air serta sampah-sampah kecil di sepanjang jalan RT.06 Desa Segaran agar tercipta lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Baca Juga :  Gedung Filkom Jadi Tempat Kejadian Bunuh Diri, UB: Seharusnya Terjaga dari Orang Asing

   

Pada minggu kedua pelaksanaan kegiatan KKN, tepatnya pada tanggal 31 Juli 2021 s/d 03 Agustus 2023, Mahasiswa KKN melakukan program kegiatan utama selanjutnya, yakni Program Belajar-Mengajar pada SDN Segaran I dan MI Mathla’ul Anwar. Pada minggu yang sama, dilaksanakan pula program kegiatan olahraga bersama MI Mathla’ul Anwar yang diadakan di lapangan desa setempat.

   

Program kegiatan Mengajar juga dilaksanakan pada tanggal 08 Agustus 2023 s/d 10 Agustus 2023. Kegiatan Belajar-Mengajar ini mendapat respon yang cukup baik dari siswa/i, ataupun dari tenaga pengajar sekolah setempat. Antusiasme yang diberikan oleh siswa/i saat diberikan pengajaran yang asik dan santai terkesan sangat menyenangkan. Bahkan menjelang akhir, beberapa anak-anak terlihat tidak senang saat mengetahui jika masa mengajar telah selesai.

 

Mahasiswa KKN mengunjungi dua candi yang ada di Desa Segaran, yakni Candi Jiwa dan Candi Blandongan, juga Museum Budaya sebagai bentuk dukungan memajukan wisata budaya daerah setempat. Mahasiswa KKN juga membuat Barcode yang isinya adalah informasi mengenai kedua candi. Ini ditujukan untuk memperkenalkan Museum dan Candi kepada masyarakat yang masih belum mendapat banyak informasi mengenai tempat-tempat wisata ini.

Baca Juga :  Perluas Akses Kesehatan: Ground Breaking RSUD Surabaya Timur sebagai Langkah Signifikan Pemkot

Selanjutnya, pelaksanaan Program Sosialisasi UMKM juga dijalankan dalam rangka meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menggunakan sosial media dalam mempromosikan usahanya. Ini dilakukan dengan harapan dapat menarik khalayak yang lebih luas dan menambah pendapatan usaha.

   

Kegiatan pemasangan rambu-rambu jalan dan cermin cembung di jalan ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN dengan tujuan untuk memberi perhatian keamanan kepada warga Desa Segaran agar para pengguna jalan  dapat berhati-hati. Adapun rambu-rambu jalan dipasang di 3 titik, yaitu di belakang SDN Segaran I (RT. 05) dan di depan MI Mathla’ul Anwar (RT. 08).

   

Program kegiatan utama selanjutnya yakni kegiatan membantu tenaga-tenaga medis di Posyandu Melati 2. Mahasiswa KKN ikut berpartisipasi dalam membantu program imunisasi yang dilaksanakan untuk para bayi dan batita, pemeriksaan bagi ibu hamil, juga kegiatan seperti menimbang berat badan bayi, pengukuran tinggi badan balita, serta data pencatatan per anak.

     

Serta sehubungan dengan tanggal pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ketiga kelompok yang memiliki tanggal hari perayaan HUT RI di dalam rentang waktunya, Mahasiswa KKN pun membantu dalam melaksanakan kegiatan lomba-lomba perayaan beserta hadiahnya. Perayaan HUT RI ini juga merupakan salah satu program kegiatan utama dari ketiga kelompok KKN. Kegiatan dilakukan di Lapangan SDN Segaran I serta menarik siswa/i SD dan anak-anak sekitar sebagai target sasaran peserta.

Baca Juga :  Gerbong KLB KNPI Sejak 2015 Solid Pada Hasil Kongres Luar Biasa di Mandalika 2022

Kami Kelompok 19, 20, dan 21 Periode 2022/2023 Universitas Budi Luhur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam membantu menyelesaikan seluruh rangkaian program kegiatan yang kami buat. Kami juga memohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dan kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan manfaat baik bagi kami sebagai penulis maupun bagi pembaca sekalian. Demikian dari kami, Salam Gembira dan Salam Budi Luhur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *