Awas Wabah PMK Merebak, Ini Kiat Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat!

  • Share
Awas Wabah PMK Merebak, Ini Kiat Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat!

jatim1.com – Bagi umat muslim tak lama lagi akan menyambut dan  merayakan hari raya Idul Adha 1443 H, yang jadwalnya jatuh pada Jumat,10 Juli 2022.

Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut ‘Lebaran Haji’ merupakan cara umat muslim melakukan penyembelihan hewan qurban seperti kisah Nabi Ibrahim yang mengurbankan anaknya, Ismail dengan domba.

Oleh sebab itu, banyak masyarakat berbohong- bodong untuk berkurban dan mempersiapkan hewan yang nantinya ingin dikurbankan.

Sebelum membeli hewan kurban, alangkah baiknya untuk memperhatikan secara detail apakah hewan yang ingin disembelih baik dan terbebas dari penyakit atau tidak.

Seperti diketahui,akhir-akhir ini banyak beredar penyakit pada hewan, yaitu penyakit PMK atau kerap disebut Penyakit Kuku dan Kaki.

Penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang dapat merusak sel jaringan pada hewan ternak.

Akibat dari virus tersebut bukan hanya peternak saja yang merasa dirugikan,tetapi juga dengan masyarakat luas yang merasakannya.

Berikuta adalah kiat memilih hewan kurban yang baik seperti dikutip dari laman web resmi Badan Amil Zakat Nasional : 

1. Memastikan bahwa hewan yang dikurbankan sesuai dengan syariat islam.contohnya seperti,kambing,unta,sapi,kerbau,dan domba.
2. Pastikan umur hewan sesuai dengan kriteria.pada kambing atau domba, kriteria yang disyaratkan adalah minimal berumur 1 tahun.sedangkan pada sapi atau kerbau, kriteria yang disyaratkan adalah saat hewan berumur 2 tahun.
3. Hewan tidak dalam kondisi cacat dan memiliki kondisi yang baik serta sehat.pilihlah hewan yang cuping hidungnya basah,tapi bukan karena flu atau sejenisnya.selain itu,pilihlah hewan yang memiliki bulu bersih dan mengkilap,serta tanyakan kepada penjual tentang surat keterangan sehat hewan,untuk memastikan hewan tersebut memang benar dalam keadaan sehat.
4. Pilih hewan yang kondisi tubuhnya tidak kurus
5. Pastikan sebelum membeli telusuri tempat peternak hewan yang ingin dibeli,apakah bersih atau tidak.

Selain itu, kenali juga ciri-ciri hewan ternak yang terkontaminasi penyakit PMK,seperti dikutip pada Buku Saku PMK Sleman berikut:

1. Terdapat lepuh yang berisikan cairan dan luka pada hidung,lidah, gusi, Serta kuku.
2. Air liur pada hewan ternak berlebihan
3. Hilangnya nafsu makan pada hewan ternak
4. Hewan ternak tidak mampu berjalan(pincang).

itulah rangkuman penjelasan tentang hewan kurban untuk menyambut Iduladha 1443 H

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.