ABC Ajak Para Pengusaha Berkolaborasi di Tahun 2020

Para peserta yang mengikuti seminar

Jatim1.com – Surabaya – Para pengusaha yang tergabung dalam Airlangga Business Community (ABC) menyelenggarakan Seminar Nasional pada hari Sabtu kemarin,(18/1/2020). Seminar yang dilaksanakan awal tahun ini mengangkat tema “PELUANG BISNIS TAHUN 2020”.

Awal tahun memang paling tepat untuk menjajaki bisnis apa yang menjanjikan, apalagi pada era yang  dinamis dengan perubahannya yang sangat cepat seperti sekarang ini, bisnis harus bisa menyesuaikan dengan trend yang lagi populer. Peluang bisnis yang dijajaki tidak hanya satu bidang saja, tapi ada berbagai bidang yang bisa dijajaki peluangnya di tahun 2020 ini.

Seminar ini pun menghadirkan banyak pembicara dari berbagai bidang bisnis yang berbeda, antara lain, bidang logistik, properti, financial service, kesehatan, agribisnis & agriindustri, selain itu, tak mau ketinggalan ada juga bisnis start up yang akan berbagi ilmunya pada seminar ini.

Seminar yang dilaksanakan berlangsung sangat menarik, pada sesi pertama menghadirkan tiga pembicara yang sangat luar biasa, antara lain, drs. Eko Hariyadi Budiyanto, M.M., M.Sc., selaku President Director PT. Pelindo Marine Service, Agung Hadi Tjahjanto yang merupakan CEO dari Agung Development Group, dan Barkah Hadimoeljono selaku Direktur Kurir dan Logistik dan Plt. Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pos Indonesia (Persero).

Pada sesi pertama ini dipandu oleh moderator Dr. Gancar Premananto, SE., M.Si yang merupakan Koordinator Program Studi Magister Manajemen FEB Universitas Airlangga.

Banyak hal yang dibahas pada sesi satu ini, salah satunya bisnis di bidang properti, pangsa pasar properti masih sangat luas, properti syariah saat ini menjadi primadona, selain itu drs. Eko Hariyadi Budiyanto, M.M., M.Sc., menjelaskan potensi bisnis logistik yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia, mengingat Indonesia adalah jalur perdagangan yang luar biasa padat. PT. Barkah Hadimoeljono juga membuka peluang untuk berkolaborasi dengan banyak pengusaha untuk memnafaatkan aset dari Pos Indonesia (Persero).

“Peluang bisnis di tahun 2020 masih ada, banyak keluhan para pengusaha akan lesunya bisnis di tahun 2019, tapi tidak semua bisnis lesu, masih banyak peluang yang bisa ditangkap di tahun 2020,” Ujar Yunus Enus selaku Ketua ABC.

Pembicara juga dihadirkan dari berbagai latar belakang, harapannya untuk memberikan gambaran peluang untuk para pebisnis di tahun 2020 ini.

Di sesi kedua juga tak kalah menarik, ada salah satu founder start up yang dihadirkan untuk berbagi dalam seminar kali ini, juga Audrey Maximillian Herli yang merupakan Co Founder Riliv yang merupakan start up aplikasi konseling psikologi, aplikasi ini pada tahun 2019 sendiri telah mencapai 150 ribu users dan telah bekerjasama dengan banyak perusahaan besar.

Selain itu ada juga Drs. Anies Febriantomo selaku Direktur Operasional PT Perkebunan Nusantara XII akan berbicara bagaimana perkembangan industri perkebunan di era sekarang, hasil perkebunan yang sangat potensi untuk industri kuliner saat ini.

Bidang kesehatan juga masih menyimpan potensi bisnis yang cukup besar dan menjanjikan pada tahun 2020 ini, bisnis kesehatan seperti apa yang bisa kita lihat peluangnya?

Dr. Hedrian D. Soebagjo. dr., Sp. M.(K) yang merupakan Direktur Penunjang Medik RSUD Dr. Soetomo Surabaya juga akan menyampaikan beberapa hal terkait bisnis kesehatan dan perkembangannya di era sekarang.

Peserta yang hadir mayoritas adalah para pengusaha, bukan dari kalangan alumni Universitas Airlangga saja yang datang, namun seminar ini pun dibuka untuk umum, salah satu penggiat industri kreatif M. Yusuf Fandora sangat mengapresiasi acara seminar nasional ini.

“Banyak hal yang  bisa dipelajari pada seminar kali ini, selain itu pembicara yang dihadirkan oleh ABC bukan kaleng-kaleng, pembicara adalah pakar dan ahli di bidangnya masing-masing,” Ujar M. Yusuf Fandora.

Peserta juga ada yang masih berstatus mahasiswa, seminar kali ini merupakan awal dari kegiatan ABC, yang kedepannya akan menjadi sebuah agenda rutin selain nantinya ada ABC Meet Up yang akan dilaksanakan secara reguler setiap sebulan sekali. (MYF)

Exit mobile version