Diterjang Longsor, 2 Rumah Warga Desa Petungroto Kediri Rusak Parah

Warga bersama anggota URC Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Kediri, sedang gotong royong membersihkan material longsor pada Kamis (16/1)
Warga bersama anggota URC Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Kediri, sedang gotong royong membersihkan material longsor pada Kamis (16/1)

Jatim1.com – Kediri – Dua rumah warga Dusun Suweru, Desa Petungroto, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri mengalami rusak parah usai diterjang tanah longsor. Kejadian ini berlangsung pada Rabu (15/1) malam.

Kedua warga yang rumahnya rusak adalah Mauji (46 tahun) dan Nurohman (25 tahun). Akibat tanah longsor tersebut, tembok dapur bagian belakang kedua rumah jebol. Bencana ini terjadi usai kawasan lereng Gunung Wilis diguyur hujan deras. Meski begitu, tidak ada korban jiwa yang tercatat.

Saat kejadian, timbunan material tanah bercampur air sempat masuk ke rumah Mauji yang juga merupakan Kaur Kesra Desa Petungroto. Kerusakan yang sama juga dialami Nurohman, dimana tembok belakang dapur rumahnya juga jebol.

Usai kejadian tersebut, warga bersama anggota Unit Reaksi Cepat (URC) Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Kediri langsung melakukan gotong royong pada Kamis (16/1). Gotong royong ini dilakukan untuk membersihkan sisa timbunan material yang masuk ke dalam rumah warga.

Menurut keterangan Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, menyatakan bahwa pihaknya kini telah melakukan mitigisi guna mengetahui potensi longsor susulan. Apalagi, material atau tanah yang berada di atas telah diratakan oleh warga.

“Kedua rumah yang terdampak masih bisa ditempati,” terang Slamet. (J1AA12)

Exit mobile version