Presiden Joko Widodo Akan Perbanyak Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Tahun 2020

Suasana kegiatan di Balai Latihan Kerja

Jatim1.com – Nasional – Dalam rangka meningkatkan daya saing sumber daya manusia yang merata di dalam negeri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan menggencarkan pembangunan ribuan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas di berbagai wilayah Indonesia.

“Nanti tahun depan lipat 2 kali, 2.000 [BLK komunitas],” Ujar Presiden Jokowi di sela peresmian BLK Komunitas Se-Indonesia, Kendal, Jawa Tengah, pada Senin (30/12/2019).

Pembangunan BLK merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sudah dilakukan sejak 2017. Sehingga, jumlah BLK pada tahun 2020 mendatang akan ditingkatkan.

Baca Juga :  Era Baru UMKM Telah Dimulai, Siap Sambut Bonus Demografi

Jokowi menjelaskan bahwa kompetisi antar negara saat ini begitu ketat. Dimana seluruh negara saat ini melakukan berbagai upaya untuk menjadi pemenang di berbagai bidang. Ketika suatu negara kalah ekonominya, kalah sumber daya manusianya, maka akan tertinggal dan ditinggal oleh negara lain, sehingga negara Indonesia bertekad tidak ingin menjadi negara yang semakin tertinggal dari negara lain, khususnya negara tetangga. Oleh karena itu, dengan kehadiran BLK diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik itu dari sisi keterampilan, maupun kompetensi generasi penerus bangsa kelak. (HA)

Baca Juga :  STIE IBMT Surabaya Beserta Gus Hans Gelar Sosialisasi Anti Narkoba & Nonton Bareng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *