5 Wisata Alam Ngawi, yang Sajikan Pemandangan Super Indah

  • Share
Penampakan gerbang selamat datang di kota Ngawi, Jawa Timur
Penampakan gerbang selamat datang di kota Ngawi, Jawa Timur

Jatim1.com – Ngawi – Ngawi merupakan salah satu kabupaten di lingkup Jawa Timur. Kabupaten Ngawi sendiri terletak di ujung barat provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah.

Letaknya yang berada di tengah-tengah daratan, membuat Ngawi mempunyai topografi berupa dataran tinggi dengan pemandangan yang indah. Keindahan alam Ngawi akan membuat siapa saja yang menyaksikannya menjadi terpesona.

Bagi anda yang menyukai wisata alam yang jauh dari keramaian, beberapa destinasi wisata alam Ngawi ini patut anda kunjungi. Pemandangannya yang indah dengan suasana yang tenang, sangat tepat untuk melepas penat dari kelelahan akibat rutinitas sehari-hari.

Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber oleh tim Jatim1.com terkait beberapa destinasi wisata alam Ngawi yang indah, antara lain:

1. Air Terjun Srambang

Wisata alam air terjun Srambang
Wisata alam air terjun Srambang

Wisata alam pertama yang patut dikunjungi adalah air terjun Srambang. Air terjun ini terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Ngawi. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan pinus, sehingga suasananya terasa sangat sejuk, tenang, dan asri. Untuk bisa mencapai air terjun ini, anda cukup menempuh perjalanan sekitar 25 Km dari pusat kota Ngawi.

Meski jalan yang dilalui terjal dan berliku, tapi anda bisa melihat pemandangan hutan pinus yang indah. Perjalanan menuju air terjun ini memang memerlukan usaha yang melelahkan namun terbilang cukup seru dan menyenangkan. Setelah anda tiba di lokasi air terjun Srambang, semua lelah akan terbayar dengan indahnya pemandangan air terjun dan suasananya yang masih asri.

2. Air Terjun Pengantin

Wisata alam air terjun Pengantin
Wisata alam air terjun Pengantin

Destinasi wisata alam berikutnya di Ngawi adalah air terjun Pengantin. Indahnya pemandangan air terjun ini, bisa menyejukkan mata siapa saja yang melihatnya. Air terjun ini terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatang Ngrambe. Untuk mencapai air terjun ini, anda cukup menempuh waktu sekitar 3 jam dari pusat kota.

Penamaan air terjun ini dengan nama “Pengantin” sebab terdapat sepasang air terjun yang letaknya berdampingan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Letaknya yang cukup tersembunyi di balik Perkebunan Teh Jamus, menyebabkan keindahan dan keasriannya masih terjaga.

3. Perkebunan Teh Jamus

Wisata alam perkebunan teh Jamus
Wisata alam perkebunan teh Jamus

Perkebunan Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine. Kebun teh ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan kini menjadi salah satu objek wisata andalan Ngawi. Jika anda berkunjung ke kebun teh ini, anda bisa melihat pohon-pohon teh tua yang konon usianya sudah lebih dari seratus tahun.

Pohon teh tua ini berada di Bukit Borobudur, yakni salah satu bagian kebun teh Jamus yang berundak-undak menyerupai bentuk candi Borobudur. Dari lokasi ini, anda bisa menikmati hamparan pemandangan hijau Teh Jamus yang indah. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati agrowisata kebun teh yang menyejukkan mata. Anda bisa mencoba beragam aktivitas seru, mulai dari flying fox, melihat proses pembuatan teh, hingga bermain air di Sumber Mata Air Lanang. Jika telah puas berkeliling dan mencoba beberapa aktivitas di sana, anda bisa membawa pulang teh rasa kopi khas Jamus.

4. Air Terjun Teleng

Wisata alam air terjun Teleng
Wisata alam air terjun Teleng

Wisata alam Ngawi berikutnya yang patut dikunjungi adalah air terjun Teleng. Air terjun ini terletak di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo. Panoramanya yang hijau, membuat anda bisa merasakan ketenangan. Tak hanya itu. selama perjalanan menuju ke lokasi wisata ini, anda akan melewati hutan pinus yang indah dan sejuk.

Selain itu, suasana yang disuguhkan terbilang masih alami, tenang, dan sejuk. Oleh karen itu, air terjun Teleng bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan destinasi wisata anda. Apalagi suasananya tenang dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

5. Waduk Pondok

Wisata alam waduk Pondok
Wisata alam waduk Pondok

Secara topografi, Ngawi tak memiliki wisata pantai sebab letaknya yang berada di daerah dataran tinggi. Tapi, Ngawi memiliki wisata alternatif bagi anda yang ingin menikmati wisata air. Anda cukup datang ke Waduk Pondok, yang berada di Kecamatan Dampit. Jaraknya pun cukup dekat, sekitar 6 Km dari pusat kota.

Di waduk ini, anda akan disuguhkan pemandangan hamparan air dan perbukitan hijau yang memesona. Tak hanya itu, anda bisa melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan di sana, seperti mengarungi kawasan danau dengan menggunakan perahu, bermain jetski, atau memancing. Tempat ini sangat cocok bagi kamu anda pemburu senja, sebab pemandangan senja di waduk ini sangatlah indah dan memesona.

Itulah beberapa wisata alam Ngawi, yang bisa anda kunjungi. Semoga akhir pekan anda menyenangkan. (J1AA12)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.